Sabtu, 11/07/2020 17:31 WIB

Benny Gantz Kecam Permohonan Imunitas Benjamin Netanyahu

Netanyahu mengumumkan langkah tersebut dalam pidato di televisi hanya selang empat jam sebelum batas waktu untuk permohonan kekebalan hukum berakhir.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (Foto: Finacial Tribune)

Yerusalem, Jurnas.com - Pemimpin Partai Biru dan Putih, Benny Gantz, mengecam permohonan imunitas Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pemilih akan memiliki dua opsi pada pemilu Maret nanti.

"Kepentingan Netanyahu akan menang atau kepentingan nasional akan menang. Atau akan ada pemerintah kekebalan yang ekstrem atau akan ada pemerintah persatuan yang luas. Atau kerajaan Netanyahu atau Negara Israel," kata Gantz.

"Biru dan Putih yang dipimpin oleh saya akan melakukan segalanya sesuai dengan hukum," sambungnya.

Sebelumnya, Netanyahu mengajukan  permohonan imunitas dari parlemen untuk melindunginya dari tiga kasus yang dihadapinya. Ia mengumumkan langkah tersebut dalam pidato di televisi hanya selang empat jam sebelum batas waktu permohonan kekebalan hukum berakhir.

Netanyahu didakwa pada November atas tuduhan suap, penipuan dan penyalahgunaan kepercayaan jabatan, setelah memberikan proyek bernilai ratusan juta dolar kepada para bos media Israel dengan imbalan hadiah dan liputan yang menguntungkan.

Namun, Netanyahu membantah melakukan kesalahan. Pemimpin 70 tahun itu mengaku jadi korban perburuan penyihir oleh media.

Menurut Reuters, jika Netanyahu mendapat imunitas, maka ia tidak akan bisa dibawa ke pengadlian. Netanyahu mengumumkan langkah tersebut dalam pidato di televisi hanya selang empat jam sebelum batas waktu untuk permohonan kekebalan hukum berakhir.

Netanyahu mengatakan dalam pidatonya bahwa dakwaan terhadapnya bermotif politik dan ia berhak atas perlindungan parlemen.

"Dalam sebuah demokrasi, hanya orang-orang yang memutuskan siapa yang akan memimpin mereka," kata Netanyahu, yang telah berkuasa secara berturut-turut selama sepuluh tahun terakhir dan membandingkan dakwaan terhadapnya dengan upaya kudeta.

Di bawah hukum Israel, seorang legislator yang mencari kekebalan dapat melakukannya dengan berbagai alasan yang mencakup argumen bahwa penuntutan tidak didasarkan dengan itikad baik.

Seandainya Netanyahu tidak mengajukan permintaan sebelum batas waktu Rabu (1/1), dakwaan terhadapnya bisa diajukan ke pengadilan paling cepat hari Minggu, dan memprosesnya.

TAGS : Kasus Korupsi Benjamin Netanyahu Parlemen Israel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :