Selasa, 29/09/2020 10:56 WIB

Mobnas Perdana Turki Kok Mirip Mobil China?

Mobnas Turki diproduksi di dalam negeri oleh Automobile Joint Venture Group atau TOGG Turki, yang merupakan gabungan dari lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Kok Group, dan Zorlu Holding.
 

Mobil nasional Turki yang diproduksi TOGG (Foto: Twitter)

Jakarta, Jurnas.com - Turki baru saja meluncurkan mobil nasional (mobnas) perdananya pada Jumat (27/12) pekan lalu. Dalam sebuah acara di Gebze, Provinsi Kocaeli. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sendiri yang memperkenalkan dua jenis mobnasnya, yaitu model SUV dan sedan.

Keberhasilan Turki membuat mobnas terbilang bersejarah. Erdogan menyebut, 60 tahun lalu negara itu pernah mencoba membuat mobnas bernama Devrim, namun berakhir gagal.

"Kita di sini menyaksikan mimpi Turki selama 60 tahun, yang kini menjadi nyata," kata Erdogan sebagaimana dikutip dari The National.

Proyek mobil listrik nasional tersebut menghabiskan dana 22 miliar lira atau Rp50 triliun, dengan masa pembuatan selama 13 tahun. Ditargetkan, 175 ribu mobil listrik bakal diproduksi setiap tahun.

Mobnas Turki diproduksi di dalam negeri oleh Automobile Joint Venture Group atau TOGG Turki, yang merupakan gabungan dari lima perusahaan, yakni Anadolu Group, BMC, Kok Group, dan Zorlu Holding.

Turki juga melibatkan perusahaan desain asal Italia, Pininfarina, yang pernah membantu merancang mobnas Vietnam, Vinfast. Sehingga tidak heran, mobnas Turki sekilas memiliki kemiripan dengan Vinfast.

Dalam pernyataannya, Erdogan menargetkan mobnas Turki siap untuk seluruh konsumen domestik pada 2022 mendatang. Tidak cuma dipasarkan di dalam negeri, mobnas ini juga akan dieskpor ke sejumlah negara Eropa.

"Ketika kita melihat mobil ini di jalanan seluruh dunia, kita tahu bahwa kita mencapai mimpi kita," kata dia lagi.

Untuk urusan dapur pacu, mobnas Turki mengandalkan motor listrik dengan tenaga 200 horse power (HP/tenaga kuda) atau 400 HP.

Dengan dukungan baterai yang lebih besar, mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 4,8 detik, dengan jarak tempuh lebih dari 500 kilometer. Adapun baterainya dapat diisi hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 90 menit.

Mirip Mobil China?

Mobil nasional Turki rupanya tidak hanya mirip dengan Vinfast, sebab lahir dari rahim satu perusahaan desain Pininfarina. Di media sosial, mobnas tersebut juga dimiripkan dengan mobil China.

Mobil TOGG Turki, sekilas memiliki penampilan yang sama dengan prototipe model Hybird Kinetic K550 dan K750 Concept. Kedua mobil ini pernah dipamerkan di Shanghai Auto Show 2017.

Foto: Mobil Hybird Kinetic K500 asal China

Namun masih belum diketahui apakah Pininfarina sengaja meniru model dua mobil China tersebut. Pasalnya Hybird Kinetic K500 dan K750 Concept sudah muncul dua tahun lalu. Satu tahun sebelum Vinfast diluncurkan Vietnam.

TAGS : Mobil Nasional Turki TOGG Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :