Minggu, 05/04/2020 22:35 WIB

Trump Cari Menlu Baru Gantikan Pompeo

Artikel ini berisi daftar beberapa pengganti potensial sebagai Sekretaris Negara, termasuk Penasihat Keamanan Nasional Robert O`Brien, Menteri Keuangan Steve Mnucchin, dan bahkan utusan Departemen Luar Negeri untuk Iran Brian Hook.

Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump sedang mencari Sekretaris Negara berikutnya, yang mengindikasikan bahwa diplomat tertinggi AS, Mike Pompeo akan mencalonkan diri untuk Senat tahun depan.

Sebuah artikel di Washington Post tidak mengkonfirmasi informasi baru dari siapa pun di Administrasi Trump. Rumor bahwa Pompeo bisa mundur telah beredar selama berbulan-bulan.

Artikel ini berisi daftar beberapa pengganti potensial sebagai Sekretaris Negara, termasuk Penasihat Keamanan Nasional Robert O`Brien, Menteri Keuangan Steve Mnucchin, dan bahkan utusan Departemen Luar Negeri untuk Iran Brian Hook.

Orang yang paling sering disebutkan untuk berhasil Pompeo adalah O`Brien. Trump telah memberinya tanggung jawab diplomatik yang meningkat sejak menjadi penasihat keamanan nasional keempat presiden pada September.

O`Brien menemani Wakil Presiden AS dan Pompeo ke Turki untuk bernegosiasi mengakhiri serangan militer Turki di Suriah utara.

Banyak pejabat keamanan nasional khawatir bahwa posisi Mnuchin yang dovish terhadap China dan fokusnya di Wall Street dapat merusak kebugarannya untuk memimpin diplomasi AS.

Ia secara konsisten menentang strategi China yang lebih hawkish yang didukung oleh Pompeo, Pence, O`Brien, dan sebagian besar pemerintahan.

Pompeo sudah mengirim sinyal beragam tentang niatnya, dan orang-orang yang dekat dengannya mengatakan dia belum membuat keputusan akhir. Pompeo juga mempertimbangkan untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 2024.

Spekulasi telah menyebabkan kompetisi dalam pemerintahan mengenai siapa yang mungkin menggantikannya sebagai diplomat top negara. Trump telah memicu api dengan meminta pendapat dari anggota parlemen dan pejabat saat ia mempertimbangkan pilihannya.

Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, seorang Republikan dari Kentucky, mendesak Pompeo mencalonkan diri untuk kursi Senat Kansas yang dikosongkan oleh Senator Republik Pat Roberts pada tahun 2020.

Mantan anggota parlemen Republik dari Kansas menyerahkan kursi Dewan Perwakilan pada tahun 2017 setelah Trump menominasikannya untuk menjadi direktur Badan Intelijen Pusat. Trump kemudian menunjuknya sebagai Sekretaris Negara pada Maret 2018.

TAGS : Amerika Serikat Mike Pompeo Donald Trump




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :