Selasa, 18/02/2020 10:45 WIB

Re-Branding Koperasi, Ini Peran Strategis Generasi Milenial

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengakui generasi milenial memiliki peran strategis untuk menjalankan re-branding koperasi. Karena itu, menurut Teten koperasi kekinian yang menyasar beragam profesi dan pelaku usaha perlu terus ditumbuhkan dan diperluas dengan edukasi, inkubasi, dan kemudahan perizinan untuk melakukan aktivitasnya

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki

Jakarta, Jurnas.com — Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengakui generasi milenial memiliki peran strategis untuk menjalankan re-branding koperasi. Karena itu, menurut Menteri Teten, koperasi kekinian yang menyasar beragam profesi dan pelaku usaha perlu terus ditumbuhkan dan diperluas dengan edukasi, inkubasi, dan kemudahan perizinan untuk melakukan aktivitasnya.

Koperasi perlu membantu proses anak-anak muda ini menghasilkan karya hingga menikmati sisa hasil usaha dari karya tersebut. Lalu sebagian hasil dari penghasilan tersebut dapat dikumpulkan sebagai iuran yang menjadi modal usaha untuk memproduksi karya berikutnya,” kata Menteri Teten saat menyampaikan sambutan dalam acara pelantikan pejabat eselon I di lingkungan Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Menteri Teten melanjutkan, Koperasi kaum milenial seperti Koperasi Mahasiswa, Koperasi Komunitas, dan Koperasi Pondok Pesantren pun diharapkan menjadi koperasi modern yang kegiatannya menggunakan teknologi informasi, serta aktif melakukan pendidikan dan pendampingan usaha yang melibatkan koperasi besar sebagai tempat inkubasi dalam menjalankan bisnisnya.

Koperasi harus memenuhi kebutuhan cara hidup masyarakat yang terus mengikuti perkembangan teknologi. Koperasi yang berbasis digital harus dapat memberi pelayanan terhadap anggota dengan lebih cepat, lebih efektif dan efisien. Koperasi jelas perlu hadir di semua lini kehidupan. Seperti hadir di kalangan milenial dengan mendorong kreativitas para anggotanya,” kata Menteri Teten.

Rotasi Pejabat Eselon I

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Teten merotasi dua pejabat tingkat esolon I pada kementerian yang dipimpin.

Rulli Nuryanto yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Pengembangan SDM dirotasi menjadi Deputi Bidang Kelembagaan menggantikan Luhur Pradjarto. Adapun Luhur mengisi posisi sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga.

Pengangkatan Rulli dan Luhur berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 177/TPA Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.

Menteri Teten langsung memimpin pelantikan keduanya yang berlangsung di Auditorium gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Keputusan Presiden, pengambilan sumpah jabatan, pengukuhan oleh rohaniwan, dan penandatanganan berita acara sumpah jabatan, hingga acara ramah tamah.

“Saya ucapkan selamat kepada para pejabat yang baru saja dilantik. Semoga amanah yang diberikan kepada saudara dapat dijalankan dengan baik. Di manapun dan jabatan apapun hendaknya saudara selalu menghadirkan kinerja yang baik dan menjadi teladan bagi rekan-rekan di lingkungan kerja saudara,” ujar Menteri Teten.

TAGS : Koperasi Teten Masduki Milenial Menteri Teten




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :