Rabu, 25/11/2020 09:03 WIB

Bandara Kalimarau Akses Utama Destinasi Wisata di Berau

Kabupaten Berau menjadi daerah dengan destinasi Wisata terbanyak di Provinsi Kalimantan Timur.

Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur

Jakarta, Jurnas.com - Kabupaten Berau memiliki puluhan destinasi unggulan wisata yang sayang untuk tidak dikunjungi, terlebih menjelang liburan Natal dan Tahun Baru saat ini. Untuk menikmati semua keindahan tersebut maka akses utama dan terbaik adalah melalui Bandara Kalimarau yang berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

“Kami berkomitmen memberikan layanan yang maksimal bagi pengguna jasa transportasi udara dari dan ke Kabupaten Berau melalui Bandara Kalimarau. Para pengguna jasa transportasi udara dapat merasakan kenyamanan saat tiba dan memberikan kesan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti di Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Ia menambahkan dalam memberikan pelayanan maksimal di bandara merupakan satu di antara tiga aspek yang diprioritaskan Ditjen Perhubungan Udara yaitu keselamatan, keamanan dan pelayanan. Sehingga diharapkan, semua stakeholder penerbangan hingga pengguna jasa transportasi udara dapat berperan serta untuk mengutamakan tiga hal tersebut.

Kabupaten Berau menjadi daerah dengan destinasi Wisata terbanyak di Provinsi Kalimantan Timur. Nyaris semua tempat Wisata di Berau menjadi unggulan bagi Provinsi Kaltim, terutama Wisata bahari. Kabupaten Berau memiliki tempat-tempat eksotis nan cantik untuk tujuan Wisata. Sebut saja Pulau Maratua, Derawan, Kakaban, Pulau Kaniungan, Labuan Cermin di Biduk-biduk, Pulau Nabucco, hingga Wisata budaya Keraton Kesultanan Sambaliung.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Kalimarau, Bambang Hartato mengatakan bahwa sejak tahun 2018 setatus bandaranya tidak hanya UPBU tapi bertambah menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan tambahan status BLU yang di sandang tersebut maka Bandara Kalimarau tidak hanya sebagai orang naik dan turun pesawat semata, namun dituntut menciptakan sesesuatu yang berbeda. Untuk ini Kalimarau mengusung konsep wisata pada bandaranya.

"Di terminal Bandara Kalimarau banyak sekali spot-spot foto (selfi/instragramble), tempat bermain anak, bakhan ada sejumlah restoran di dalam terminal. Bahkan ke depannya pihaknya berencana membuat mall, kebun binatang mini money changer dan hotel di Bandara, sehingga bandara ini akan menjadi One Stop Service. Kami berupaya Bandara Kalimarau menjadi tempat hiburan buat masyarakat Berau tentunya dengan harga yang terjangkau," katanya.

Jadwal Penerbangan
Bambang juga menyebutkan pada sisi udara Bandara Kalimarau sudah miliki panjang landasan pacu (runway) 2250 meter dan lebar 45 meter, dengan ketebalan runway sekitar 56. Dengan kondisi ini Kalimarau sudah dapat di darati oleh pesawat-pesawat besar seperti Boeing NG 800 dan Airbus A320. Selain itu juga garbarata ada dua unit.

"Kedepannya beberapa maskapai seperti Sriwijaya Air, Garuda Air dan Batik Air dapat menganti tipe pesawat dengan jenis yang lebih besar dan pihak bandara akan memberikan pelayanan yang maksimal," katanya.

Adapun maskapai yang beroperasi saat ini sebagai berikut : Maskapai Garuda Indonesia dengan jenis pesawat CRJ-1000 melayani penerbangan 2 x sehari dengan rute Berau – Balikpapan PP. Kemudian Sriwijaya Air dengan menggunakan pesawat Boeing 737/300/400/500 melayani rute Berau – Balikpapan PP (setiap hari) dan Berau – Surabaya PP (selasa, kamis dan sabtu).

Wings Air menggunakan pesawat ATR 73 – 500/600 melayani penerbangan 3x sehari rute Berau – Balikpapan PP dan 1x sehari Berau-Samarinda. Express Air menggunakan pesawat ATR 42/300/500 melayani rute Berau – Samarinda PP setiap hari dan Berau – Tarakan setiap hari. Susi Air (perintis) dengan menggunakan jenis pesawat C208 melayani penerbangan 1x seminggu rute Tarakan – Maratua – Kalimarau PP.

TAGS : Bandara Kalimarau Berau UPBU




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :