Sabtu, 24/10/2020 07:18 WIB

BMKG Makassar Pantau Gerhana Matahari Cincin di Pantai Losari

Akan terjadi, mulai kontak gerhana itu pada pukul 12.25 Wita dan puncak gerhana 14.14 Wita dan berakhir pada pukul 15.45 Wita

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincina (Lima Waktu)

Makassar, Jurnas.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ikut pantau fenomena proses Gerhana Matahari Cincin di anjungan Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

"Jadi hari ini diperkirakan akan terjadi gerhana cincin. Akan kelihatan matahari di pinggirannya. Itu akan terjadi, mulai kontak gerhana itu pada pukul 12.25 Wita dan puncak gerhana 14.14 Wita dan berakhir pada pukul 15.45 Wita," ujar Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, Kamis (26/12/2019).

Pengamatan di tempat tersebut untuk memverifikasi serta membuktikan hasil perhitungan dengan kenyataannya.

"Apakah benar jam segitu, gerhana ini akan melintasi langit makassar. Nanti kita akan buktikan sendiri. Fenomena ini terjadi 10 tahun Sekali. Yang terakhir terjadi tahun 2009," kata Darmawan.

Gerhana ini tidak memiliki efek terhadap fenomena alam lainnya. Namun bila disaksikan dengan mata telanjang maka akan merusak retina mata dan bisa menyebabkan kebutaan. Disarankan gunakan teropong yang menggunakan filter.Darmawan.

Berdasarkan pantauan, posko BMKG di Anjungan Losari Makassar dipadati pengunjung untuk melihat langsung proses gerhana matahari cincin.

Bahkan momen ini dimanfaatkan berjualan kacamata khusus seharga Rp50 ribu bagi pengunjung untuk melihat proses gerhana. Diperkirakan proses hingga terjadi gerhana cincin selama dua jam.

TAGS : Gerhana Matahari Cincin BMKG Pantai Losari Makassar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :