Sabtu, 20/04/2024 05:22 WIB

Tak Biasanya AS Kirim Pesawat Pengintai di Semenanjung Korea

Tidak biasanya empat pesawat pengintai AS melakukan misi di sekitar Semenanjung Korea pada saat yang sama. Hal itu tampaknya menggambarkan seberapa besar kekhawatiran AS terhadap Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) menerbangkan empat pesawat pengintai di Semenanjung Korea. Keempat pesawat itu adalah RC-135W Rivet Joint, E-8C, RQ-4 Global Hawk dan RC-135S Cobra Ball.

Keempat pesawat itu melakukan misi di sekitar Semenanjung Korea antara Selasa dan awal Rabu tak lama setelah Korea Utara mengatakan, akan menguji rudal jarak jauh sebagai "hadiah Natal" ke Washington.

Menurut Aircraft Spots, RC-135W dan E-8C terbang di ketinggian 31.000 kaki, sedangkan Global Hawk terlihat di ketinggian 53.000 kaki. RC-135S lepas landas dari Pangkalan Udara Kadena Jepang dan melakukan misi di Laut Timur. Sebuah pesawat pengisian bahan bakar, KC-135R juga terbang di atas Laut Timur.

Tidak biasanya empat pesawat pengintai AS melakukan misi di sekitar Semenanjung Korea pada saat yang sama. Hal itu tampaknya menggambarkan seberapa besar kekhawatiran AS terhadap Korea Utara.

Pyongyang meningkatkan tekanan pada Washington untuk mengajukan proposal baru dalam perundingan nuklir yang mandeg pada akhir tahun ini, dengan kuat menyarankan bahwa jika tidak maka ia dapat memulai kembali pengujian senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Mengingat tenggat semakin dekat, Korea Utara mengatakan sepenuhnya tergantung pada AS untuk memutuskan "hadiah Natal" yang dipilihnya.

Korea Utara juga melakukan dua uji mesin roket di lokasi satelitnya sebagai kemungkinan awal peluncuran ICBM, dengan mengatakan hasilnya akan "berdampak penting" pada perubahan posisi strategisnya dalam waktu dekat dan akan meningkatkan kemampuannya. penangkal nuklir strategis yang andal. "

Korea Selatan dan AS telah memperkuat kewaspadaan terhadap kemungkinan Korea Utara menembakkan ICBM atau rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM), atau melakukan jenis-jenis provokasi lain, kata sumber-sumber militer.

Radar darat Green Pine beroperasi di darat, sementara kapal perusak Aegis yang dilengkapi dengan sistem radar SPY-1D dikerahkan di lepas pantai dan sebuah pesawat peringatan dini dan kontrol (AEW & C) udara E-737 Peace Eye melakukan misi. di udara, kata sumber itu.

"Kami terus mengawasi gerakan militer di Korea Utara," kata seorang sumber.

Peluncuran ICBM atau uji coba nuklir akan mewakili pukulan bagi Presiden AS Donald Trump menjelang pemilihan presiden tahun depan karena ia membual tentang penangguhan uji senjata di Korea Utara sebagai salah satu pencapaian diplomatik kuncinya.

KEYWORD :

Semenanjung Korea Pesawat Pengintai Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :