Kamis, 09/04/2020 14:46 WIB

Paus Fransiskus Ajak Umat Katolik Tak Putus Asa

Gereja Katolik menghadapi sejumlah kasus termasuk pelecehan seksual terhadap anak di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir.

Paus Fransiskus berdoa di Atomic Bomb Hypocenter di Nagasaki, Jepang, pada 24 November 2019. (Foto: AFP)

Paris, Jurnas.com - Paus Fransiskus mendesak umat Katolik di seluruh dunia agar tidak menjauh dari kasih sayang Tuhan karena insiden pelecehan seksual dan penyimpangan di Gereja.

Berbicara kepada ribuan jemaah selama Misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Paus berkata, "Tuhan terus mencintai kita semua, bahkan yang terburuk dari kita."

"Anda mungkin memiliki gagasan yang salah, Anda mungkin telah merusak segalanya, tetapi Tuhan terus mengasihi Anda. Seberapa sering kita berpikir bahwa Tuhan itu baik jika kita baik dan menghukum kita jika kita jahat! Namun,Dia tidak seperti yang dibayangkan," kata Pemimpin Gereja Katolik itu.

"Tuhan tidak mencintaimu karena kamu berpikir dan bertindak dengan cara yang benar. Dia mencintaimu, polos dan sederhana. Kasih-Nya tidak bersyarat; itu tidak tergantung pada Anda," tambahnya.

Gereja Katolik menghadapi sejumlah kasus termasuk pelecehan seksual terhadap anak di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir.

Tanpa menyebutkan krisis secara langsung, Francis mengatakan, "apa pun yang salah dalam hidup kita, apa pun yang tidak sesuai dengan Gereja dan masalah apa pun yang ada di dunia, tidak akan lagi jadi alasan."

Dalam kasus terbaru, Kardinal GeorgePell dinyatakan bersalah atas sejumlah pelanggaran seksual di Australia, menjadikannya sebagai pejabat Vatikan tertinggi yang mendapat vonis semacam itu.

Pell, sebagaimana terungkap dalam pengadilan, melecehkan dua bocah laki-laki anggota paduan suara di beberapa ruangan di Katedral Melbourne pada 1996.

Francis sendiri sebelumnya menghadapi tuduhan tidak menanggapi secara efektif krisis pelecehan seksual Gereja. Tahun lalu, ia dituduh melakukan kesalahan dengan merehabilitasi seorang pejabat tinggi yang telah menyalahgunakan wewenangnya.

Dalam upaya untuk menghadapi pelanggaran, Paus Selasa lalu menghapus aturan kerahasiaan kepausan dalam investigasi pelecehan seksual.

Peraturan itu mengizinkan beberapa pejabat Gereja untuk bersembunyi di baliknya alih-alih bekerja sama dengan pihak berwenang atas tuduhan pelecehan anak.

TAGS : Kinerja Menteri Pertanian Paus Fransiskus Misa Malam Natal




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :