Jum'at, 19/04/2024 22:04 WIB

Sempat Tertunda, Rusia Bakal Luncurkan Roket Pembawa Angara 2020

Sejauh ini, Rusia hanya melakukan dua peluncuran Angara, keduanya dari pelabuhan antariksa Plesetsk: Angara-1.2PP

Roket pembawa Angara milik Rusia (foto: Tass)

Jakarta, Jurnas.com - State Space Corporation Rusia Roscosmos bermaksud untuk meluncurkan roket pembawa Angara baru pada tahun 2020. Peluncuran Angara sebelumnya dijadwalkan untuk Desember 2019.

"Tahun depan, kami berencana untuk melanjutkan peluncuran roket pembawa Angara. Kendaraan peluncuran akan dikirimkan oleh Khrunichev Center pada kuartal pertama 2020," kata perusahaan tersebut, dikutip Tasa, Selasa (24/12).

Semua tindakan organisasi dan teknologi yang diperlukan telah dijadwalkan untuk menjadikan Angara sebagai pesawat ruang angkasa komersial melalui peluncuran produksi serialnya di Omsk di Siberia.

Ada rencana untuk memproduksi delapan roket Angara-A5 (termasuk versi awaknya) dan dua kapal induk Angara-1.2 kelas ringan setahun setelah perusahaan mencapai kapasitas yang dirancang, Roscosmos menjelaskan.

Pusat Khrunichev melaporkan pada musim panas 2018 bahwa mereka telah meluncurkan persiapan untuk peluncuran roket.

Angara adalah kumpulan roket luar angkasa generasi Rusia. Ini terdiri dari roket pembawa ringan, sedang dan berat dengan kapasitas angkat hingga 37,5 ton. Kumpulan baru roket menggunakan komponen propelan ramah lingkungan.

Sejauh ini, Rusia hanya melakukan dua peluncuran Angara, keduanya dari pelabuhan antariksa Plesetsk: Angara-1.2PP ringan meledak pada Juli 2014 dan versi beratnya diluncurkan pada Desember 2014.

KEYWORD :

Roket Pembawa Angara Pusat Antariksa Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :