Rabu, 17/04/2024 05:00 WIB

Kunjungi Omah Mbudur, Ini Dikatakan Menparekraf Whisnutama

Omah Mbudur merupakan destinasi wisata berupa Kampung UKM yang menampilkan kesenian tari hingga beragam kuliner dan kerajinan tangan, di dekat Candi Borobudur.

Menparekraf Whisnutama bersama rombongan sambangi Omah Mbudur disekitar Candi Borobudur (Humas Kemenparekraf)

Magelang, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio temui pelaku UKM di sekitar Candi Borobudur, Magelang. Saat in, Whisnutama tegaskan pentingnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk saling menunjang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, bersama jajarannya mengunjungi Omah Mbudur pada Jumat (20/12/2019).

Omah Mbudur merupakan destinasi wisata berupa Kampung UKM yang menampilkan kesenian tari hingga beragam kuliner dan kerajinan tangan, di dekat Candi Borobudur.

"Apa yang dilakukan di sini adalah bagian ekonomi kreatif untuk menunjang pariwisata," kata Wishnutama.

Dirinya menjelaskan, pariwisata dan ekonomi kreatif saling menunjang. Pariwisata bisa sukses karena ada ekonomi kreatif, pun sebaliknya.

"Sehingga nanti pariwisata dan ekonomi kreatif membawa devisa dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Masyarakat tidak hanya menonton turis yang datang," ungkapnya.

Wishnutama menambahkan, Kemenparekraf akan mencari potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di destinasi wisata. Kemudian selanjutnya, membantu untuk mem-branding, mengemas, dan mempromosikan.

"Itu tugas kita untuk mendukung teman-teman pelaku wisata dan ekonomi kreatif," tegasnya.

Wishnutama pun memuji Omah Mbudur yang punya nuansa khas dan memberikan banyak pengalaman kepada wisatawan. Dia menyebut, kualitasnya sudah bagus dan harus ditingkatkan.

"Ada kerajinan batik, seni tari, lukisan, kuliner, dan suasana alamnya adalah bagian ekonomi kreatif yang bisa membawa manfaat kepada masyarakat sekitar. Kualitasnya sudah bagus, kalau bisa kita tingkatkan lebih bagus. Itu tugas Kemenpareraf," tutupnya.

KEYWORD :

Kemenparekraf Whisnutama Candi Borobudur UKM Omah Mbudur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :