Sabtu, 20/04/2024 06:10 WIB

Dongkrak Citra UKM Kuliner, Menteri Teten Gandeng Aktivis Brand Lokal

Pemerintah terus berupaya mendongkrak citra dan merek UKM kuliner Indonesia, salah satunya seperti yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dengan menggandeng para aktivis brand lokal.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki Bersama Aktivis Brand Lokal

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah terus berupaya mendongkrak citra dan merek UKM kuliner Indonesia, salah satunya seperti yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dengan menggandeng para aktivis brand lokal.

Local Brand Activist Arto Biantoro mengatakan perlunya melakukan langkah akselerasi untuk mendongkrak citra dan popularitas brand lokal terutama yang bergerak di bidang pangan di tanah air.

“Kami sepakat untuk mendukung Kementerian Koperasi dan UKM dalam mengakselerasi brand-brand lokal milik start up kuliner di Indonesia melalui berbagai langkah yang akan dirumuskan bersama,” kata Arto melalui pesan tertulis yang diterima Jurnas.com, Sabtu (21/12/2019).

Arto mengatakan pada Pemerintahan Jokowi periode sebelumnya, telah dirancang misi bersama untuk mengakselerasi brand lokal sampai 2025.

“Upaya ini untuk melanjutkan misi bersama kami dengan pemerintah dalam mengakselerasi brand lokal start up pangan,” katanya.

Sementara itu, Chief Marketing Officer Ultra Bonnie Susilo yang juga Perwakilan dari Perkumpulan Food Startup Indonesia mengatakan pihaknya ingin melanjutkan program yang diinisiasi bersama Pemerintah yakni Food Start Up Indonesia.

“Dalam program ini, kami bersama-sama pemerintah memberikan capacity building kepada UMKM Indonesia dalam skala masif agar bisa terakses dengan pasar dan permodalan,” kata Bonnie.

Kepada Menteri Teten, Bonnie menyampaikan usulan enam langkah dalam satu tahun ke depan untuk mengakselerasi dan menyetandarisasi bisnis start up kuliner dalam skala masif.

Langkah pertama yang diusulkan yakni capacity building, kemudian menjaring para talenta dari 10.000 start up diharapkan bisa menjaring 1000-3000 start up dengan pitch deck paling potensial.

“Kemudian kita akan mengkurasi lagi menjadi 100 untuk kita lakukan booth camp dan kemudian produk atau bisnisnya kita pertemukan dengan value atau produk yang sejalan dengan ‘national interest’,” katanya.

Selanjutnya dari booth camp diharapkan para start up itu bisa memproduksi 1 juta produk dengan value yang menonjolkan keunggulan kuliner Indonesia.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi langkah para aktvis brand lokal. Menteri Teten juga mengaku berminat untuk berkolaborasi lebih lanjut dalam upaya mengakselerasi food start up Indonesia.

“Apa yang mereka rancang ternyata sejalan dengan apa yang sudah kami rencanakan untuk mendorong UKM di bidang kuliner semakin berkembang dan brand-brand lokal semakin populer dan disukai pasar,” kata Menteri Teten.

Ultra dan sejumlah perusahaan lain sebagai salah satu perusahaan inkubator bagi start up kuliner bahkan telah menyiapkan modul dan langkah-langkah konkret termasuk memiliki data base yang akan mendukung sukses program Kementerian Koperasi dan UKM.

KEYWORD :

Kemenkop dan UKM Aktifia Brand Lokal Menteri Teten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :