Senin, 25/01/2021 00:44 WIB

Menteri KKP Gandeng Bunda PAUD Cegah Stunting

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, diperkirakan 30,8 persen balita di Indonesia mengalami stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak lebih pendek untuk usianya.

Menteri KKP Edhy Prabowo (tengah) saat meninjau Indonesia Seafood Expo (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan peningkatan konsumsi makan ikan per kapita tahun ini. Sebab seperti diketahui, ikan cukup ampuh untuk mencegah masalah stunting sejak dini.

Inilah alasan Menteri KKP Edhy Prabowo menggandeng para bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Hari Makan Ikan Nasional (Harkannas) 2019 ke-6. Menurut dia, jenjang PAUD merupakan salah satu fase utama dalam pencegahan stunting.

"Kalau kita gandeng mereka, ini akan jadi langkah konkrit mencegah bahaya stunting, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Kiai Ma`ruf Amin," ujar Edhy kepada awak media pada Jumat (13/12) di sela-sela Indonesia Seafood Expo 2019.

Senada dengan Edhy, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan (PDSPKP) KKP Agus Suherman Harkannas menegaskan saat ini Indonesia masih menghadapi masalah stunting.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, diperkirakan 30,8 persen balita di Indonesia mengalami stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak lebih pendek untuk usianya.

Selain itu, stunting tidak hanya berdampak pada penurunan produktivitas namun juga berpenguruh pada penurunan kecerdasan, dan kerentanan terhadap penyakit.

Stunting juga dapat menimbulkan kerugian ekonomi negara sebesar 2-3 persen dari Product Domestic Bruto (PDB). Bila PDB Indonesia 2017 sebesar 13.000 triliun rupiah, maka kerugian akibat stunting diperkirakan mencapai Rp260-360 triliun.

"Oleh karenanya, ayo makan ikan agar kita bisa mengatasi masalah gizi buruk di Indonesia, dan Indonesia bisa terbebas dari stunting," ajak dia.

Lebih lanjut, Agus menerangkan Indonesia Seafood Expo berupaya menyosialisasikan pentingnya makan ikan, dan ajakan juga bagi masyarakat agar terus makan ikan.

Dia berharap, kegiatan pameran ini akan mendongkrak tingkat konsumsi ikan dalam negeri, lalu memotivasi kreativitas dan inovasi masyarakat dalam peningkatan nilai tambah produk kelautan dan perikanan.

Masyarakat juga didorong komersialisasi hasil-hasil kegiatan penangkapan dan budidaya ikan di hulu, serta dapat menjembatani kemitraan antara pelaku usaha UKM dan industri besar, dalam rangka meningkatkan skala ekonomi dan memperluas akses pasar produk UKM ke pasar domestik dan global.

TAGS : Cegah Stunting Menteri KKP Edhy Prabowo Dirjen PDSPKP




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :