Jum'at, 18/09/2020 17:11 WIB

Peristiwa Sejarah 08 Desember

Pada 8 Desember 1987, Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian pertama antara kedua negara adidaya untuk mengurangi senjata nuklir

Pada 8 Desember 1987, Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian pertama antara kedua negara adidaya untuk mengurangi persenjataan nuklir besar-besaran mereka.

Jurnas.com - Tanggal 08 Desember yang jatuh pada hari ke-342 (ke-343 pada tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 23 hari menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

1845 – Karl Ludwig Hencke menemukan asteroid 5 Astraea.

1886 - Delegasi dari 25 serikat mendirikan Federasi Buruh Amerika, cikal bakal AFL-CIO modern, di Columbus, Ohio

1938 – Graf Zeppelin Diluncurkan.

1941 - Presiden Roosevelt meminta Kongres untuk menyatakan bahwa "keadaan perang telah terjadi antara Amerika Serikat dan Kekaisaran Jepang" sebagai hasil dari "serangan tanpa alasan dan pengecut Jepang".

1949 - Pemerintah Nasionalis Tiongkok, dikalahkan oleh Komunis, mundur dari daratan ke pulau Taiwan.

1962 – Revolusi Brunei pecah dipimpin oleh Yassin Affandi dan pemberontak bersenjatanya.

1980 – Mark Chapman menembak John Lennon, salah seorang anggota The Beatles, di luar apartemen Dakota di New York City.

1987, Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev menandatangani perjanjian pertama antara kedua negara adidaya untuk mengurangi persenjataan nuklir besar-besaran mereka .

1991 - Uni Soviet tidak ada lagi ketika republik Rusia, Belarus, dan Ukraina menandatangani perjanjian untuk menciptakan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka.

1993 - Presiden AS Bill Clinton menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), yang menyatakan bahwa perdagangan bebas akan mengarah pada pertumbuhan, kesetaraan, pelestarian lingkungan, dan perdamaian di seluruh dunia.

1997 - Jenny Shipley dilantik sebagai perdana menteri wanita pertama Selandia Baru.

1991 – Penguasa Rusia, Ukraina dan Belarus membubarkan Uni Soviet dan mendirikan Persemakmuran Negara-Negara Merdeka.

2004 - International Business Machines Corp, IBM, melaporkan pihaknya menjual bisnis komputer pribadinya kepada saingannya Lenovo Group senilai $ 1,25 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

2005 - Sebuah pesawat jet Southwest Airlines melampaui landasan pacu di Bandara Internasional Midway Chicago dalam badai salju , menabrak pagar ke jalan kota. Seorang bocah laki-laki berusia 6 tahun dalam sebuah mobil yang tertabrak pesawat tewas dan setidaknya 11 orang terluka.

2008 - Tersangka otak 11 September 2001, serangan teroris di Amerika Serikat dan empat terdakwa mengatakan kepada hakim militer di Teluk Guantanamo bahwa mereka ingin mengakui semua tuduhan pembunuhan dan kejahatan perang.

2009 - Dalam apa yang oleh Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki disebut sebagai "serangan teroris pengecut, serangkaian pemboman mobil yang tampaknya terkoordinasi di Baghdad menewaskan 127 orang , melukai lebih dari 450 dan menghancurkan beberapa gedung pemerintah.

2010 - Kebakaran di penjara selatan Santiago, Chili, yang tampaknya pecah setelah perkelahian antara tahanan membunuh setidaknya 80 orang dan melukai selusin lainnya.

2018 - Presiden Donald Trump mengumumkan kepergian Kepala Staf Gedung Putih John Kelly.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Desember




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :