Selasa, 11/08/2020 20:33 WIB

Pesawat SpaceX Dragon Mulai Dekati Stasiun Luar Angkasa

Sebuah pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon telah mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional

stasiun luar angkasa NASA (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon telah mendekati Stasiun Luar Angkasa Internasional dan para astronot memulai operasi menangkapnya dengan lengan robot dan memasangnya dengan stasiun, NASA melaporkan pada Minggu (08/12) dini hari.

Operasi dimulai pukul 5.0 EST (13.05 Waktu Moskow). Upaya ini dilakukan oleh astronot Badan Antariksa Eropa Luca Parmitano dan astronot NASA Andrew Morgan. Astronot NASA lainnya Jessica Meir mengendalikan data telemetri.

Menurut Mission Control Center di Houston, sekitar pukul 8 pagi (16.00 Waktu Moskow), pesawat ruang angkasa itu akan dihubungkan dengan port docking pada modul Harmony stasiun.

SpaceX Dragon diluncurkan oleh roket Falcon 9 dari Cape Canaveral pada 5 Desember. Wahana antariksa itu akan mengantarkan ke ISS sekitar 2,5 ton kargo, termasuk 998 kg untuk serangkaian 38 percobaan ilmiah.

Ini adalah penerbangan Dragon ke-19 ke ISS sebagai bagian dari program pengiriman kargo komersial NASA ke stasiun.

Saat ini ada dua kosmonot Rusia di ISS - Alexander Skvortsov dan Oleg Skripochka, tiga astronot NASA - Christina Koch, Andrew Morgan dan Jessica Meir, dan satu astronot dari Badan Antariksa Eropa - Luca Parmitano (Italia).

 

TAGS : SpaceX Dragon Stasiun Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :