Selasa, 21/01/2020 11:44 WIB

Enam Daerah Berebut Tuan Rumah Kongres PAN 2020

Lima kader dan tokoh PAN siap menantang petahana Zulkifli Hasan di Kongres 2020

Panitia Rakernas V PAN

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPP Partai Amanat Nasional, Yandri Susanto menyebut ada enam daerah mengajukan diri menjadi tuan rumah Kongres V PAN yang kemungkinan besar dihelat pada akhir Februari atau awal Maret 2020.

Enam daerah itu adalah Papua, Sulawesi Tenggara, Yogyakarta, DKI Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

"Kandidat tuan rumah kongres akan melaporkan kesiapan teknisnya. Nanti akan diputuskan secara mufakat, tempatnya di mana, tanggal dan bulan berapa, semua akan diputuskan," jelas Yandri usai pembukaan Rakernas PAN di millenial, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Sementara itu, Ketua DPP PAN Totok Daryanto mengatakan, sebisa mungkin tuan rumah kongres jangan dari daerah asal maupun dapil kandidat Calon Ketua Umum PAN yang bersaing dalam Kongres 2020.

"Agar tak terjadi gesekan dan kegaduhan, saya usulkan jangan dari daerah dan dapil calon ketum," kata Totok.

Adapun Ketua Steering Committee Rakernas V PAN, Saleh Daulay, mengatakan ada beberapa kader dan tokoh PAN yang disebut akan maju sebagai calon ketum untuk menantang petahana, Zulkifli Hasan.

Yakni mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (MenPAN-RB) Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Fraksi PAN di DPR Hanafi Rais, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajat Wibowo.

"Mereka secara lisan menyatakan maju, tapi belum secara formal. Sebab untuk Kongres nanti ada sendiri (prosesnya)," ujar Saleh Daulay.

Rakernas PAN kali ini, jelas Saleh, akan digelar secara singkat, padat, dan bermartabat. Temanya Bersatu Meraih Kemenangan dengan filosofi meningkatkan kohesifitas nasional agar PAN bersatu padu mempertajam jaringan, menyongsong even politik, baik Pilkada sampai pemilu 2024.

"PAN bisa jadi simbol persatuan dalam kehidupan politik dan bernegara," tegas Saleh Daulay.

TAGS : Kongres V PAN rakernas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :