Kamis, 30/01/2020 00:09 WIB

Trump Perintahkan Bank Dunia Setop Bantu China

Permintaan itu muncul satu hari setelah lembaga tersebut mengadopsi rencana pinjaman ke Beijing, atas keberatan Washington.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meminta Bank Dunia berhenti meminjamkan uang ke China, pada Sabtu (7/12).

Dikutip dari Reuters, permintaan itu muncul satu hari setelah lembaga tersebut mengadopsi rencana pinjaman ke Beijing, atas keberatan Washington.

Bank Dunia sehari sebelumnya berencana membantu China dengan pinjaman berbunga rendah US$1 miliar hingga US$1,5 miliar per tahun hingga Juni 2025.

Rencana tersebut meminta pinjaman untuk "secara bertahap menurun" dari rata-rata lima tahun sebelumnya sebesar US$1,8 miliar.

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang ke China? Mungkinkah? China punya banyak uang, dan jika tidak, mereka yang membuatnya. BERHENTI!" tulis Trump di Twitter resminya.

"Pinjaman Bank Dunia ke China telah turun tajam dan akan terus berkurang sebagai bagian dari perjanjian kami dengan semua pemegang saham kami termasuk Amerika Serikat," balas Bank Dunia dalam sebuah pernyataan melalui email kepada Reuters.

"Kami menghilangkan pinjaman karena negara-negara menjadi lebih kaya." Juru bicara untuk Gedung Putih menolak mengomentari catatan tersebut.

Diketahui, Bank Dunia meminjamkan US$1,3 miliar pada tahun fiskal 2019, yang berakhir pada 30 Juni, penurunan dari sekitar US$2,4 miliar pada tahun fiskal 2017.

Tetapi jatuhnya pinjaman Bank Dunia ke China tidak cukup cepat untuk pemerintahan Trump, yang berpendapat bahwa Beijing terlalu kaya untuk bantuan internasional.

TAGS : Donald Trump Bank Dunia Amerika Serikat China




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :