Sabtu, 04/04/2020 16:46 WIB

Mantan Atlet Diminta Donor Otak untuk Diteliti

Para mantan atlet di Selandia Baru diminta untuk menyumbangkan otak mereka saat meninggal nanti, demi kepentingan penelitian.

Atlet sepak bola (Foto: AFP)

Wellington, Jurnas.com - Para mantan atlet di Selandia Baru diminta untuk menyumbangkan otak mereka saat meninggal nanti, demi kepentingan penelitian.

Penelitian yang dimaksud ialah mempelajari efek gegar otak dan cedera kepala jangka panjang akibat olahraga fisik.

Adalah Pusat Penelitian Otak (CBR) Universitas Auckland meluncurkan inisiatif tersebut pada Jumat (6/12), di mana lembaga itu sedang mencari atlet rugby, sepak bola, dan tinju untuk menyumbangkan otak mereka bahkan jika mereka tidak mengalami gegar otak.

Cedera kepala adalah keprihatinan utama bagi otoritas olahraga dan kesehatan Selandia Baru, di mana lebih dari 20 persen dari semua cedera otak di negara itu berasal dari olahraga kontak fisik.

Tahun lalu, lebih dari 9.000 atlet gegar otak di Selandia Baru yang terjadi pada pemain yang berusia di bawah 19 tahun.

"Menambahkan aspek cedera olahraga ke platform penelitian yang ada adalah langkah signifikan bagi CBR dan berjanji untuk memperdalam pemahaman kita tentang dampak cedera olahraga pada otak," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

"Ini mencerminkan fokus internasional yang berkembang pada cedera otak traumatis dan penyakit otak yang terkait dengan dampak kepala berulang, termasuk Chronic Traumatic Encephalopathy (CTE)."

Penelitian juga menunjukkan bahwa CTE, penyakit degeneratif yang dikaitkan dengan gegar otak berulang dan mengenai kepala, telah ditemukan pada otak atlet olahraga fisik yang mengalami trauma otak berulang.

CTE saat ini hanya dapat didiagnosis secara formal dengan mempelajari otak selama otopsi, membuat dokter tidak dapat memastikannya pada pasien yang masih hidup.

"Dengan fokus besar pada olahraga kontak dalam budaya kita, penting bahwa Selandia Baru adalah bagian dari percakapan global ini," terang ilmuwan saraf Richard Faull yang memimpin CBR.

TAGS : Mantan Atlet Selandia Baru Donor Otak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :