Kamis, 02/07/2020 15:43 WIB

Di London Menlu AS Gelar Pertemuan Rahasia

CNN juga melaporkan bahwa orang-orang yang menghadiri pertemuan itu dilarang untuk membawa ponsel mereka ke dalam venue sehingga komentar Pompeo tidak akan direkam.

Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

London, Jurnas.com  - Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo diam-diam bertemu dengan kelompok konservatif di sela KTT NATO di London pada Rabu (4/12),

Pertemuan itu bukan pada jadwal resmi Pompeo, CNN melaporkan Kamis (5/12) berdasarkan salinan undangan pertemuan yang diperolehnya serta wawancara dengan orang-orang yang hadir.

Pertemuan, yang diselenggarakan Hamilton Society, berlangsung di hotel tempat Pompeo tinggal sementara dia dan Presiden Donald Trump berada di sana untuk pertemuan puncak NATO minggu ini.

CNN juga melaporkan bahwa orang-orang yang menghadiri pertemuan itu dilarang untuk membawa ponsel mereka ke dalam venue sehingga komentar Pompeo tidak akan direkam.

"Semua orang benar dari pusat, jadi itu adalah ruang yang aman," kata satu orang kepada CNN, mencatat bahwa diplomat AS itu sangat cerewet, santai, dan menghibur.

Ini terjadi di tengah spekulasi bahwa Pompeo ingin mencalonkan diri dalam pemilihan anggota senat tahun depan. Trump baru-baru ini mengatakan, Pompeo akan melakukannya jika partai Republik kalah.

"Dia datang kepada saya dan berkata, `Lihat, saya lebih suka tinggal di tempat saya berada,` tetapi dia mencintai Kansas. Dia mencintai orang-orang Kansas. Jika dia berpikir bahwa ada kemungkinan kehilangan kursi itu, saya pikir dia akan melakukannya. Da akan menang dengan telak," kata Trump.

Rencana awal Pompeo adalah tetap menjabat di Departemen Luar Negeri sampai awal musim semi tahun depan, menurut sebuah laporan.

Namun, perkembangan politik baru-baru ini, termasuk penyelidikan impeachment Trump yang sedang berlangsung atas skandal Ukraina, menyakiti Pompeo dan bahwa ia ingin keluar lebih cepat, kata laporan itu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Nancy Pelosi, Demokrat tingkat tinggi di Kongres, menginstruksikan Komite Kehakiman Dewan untuk menyusun artikel tentang pemakzulan terhadap Trump.

"Sedihnya, tetapi dengan keyakinan dan kerendahan hati, dengan kesetiaan kepada pendiri kami dan hati yang penuh cinta untuk AS, hari ini saya meminta ketua kami untuk melanjutkan dengan pasal-pasal pemakzulan," kata Pelosi dalam pernyataan singkatnya di televisi (5/12).

TAGS : Amerika Serikat Mike Pompeo KTT NATO




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :