Jum'at, 06/12/2019 17:36 WIB

Menarik, Erick Thohir Ungkap Banyak BUMN Punya Hotel

Saat itu, Erick mengaku heran dengan fakta jika ternyata ada BUMN yang jauh dari core business nya, contohnya untuk miliki hotel

Erick Thohir memberikan sambutan saat pergelaran pentas seni peduli korban bencana Palu, Donggala dan Lombok. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta, Jurnas.com - Ada fakta menarik yang tersaji saat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggelar Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR yang dipimpin Ketua Komisi Faisol Riza.

Saat itu, Erick mengaku heran dengan fakta jika ternyata ada BUMN yang jauh dari core business nya, contohnya untuk miliki hotel.

Untuk itu, Erick bakal lakukan konsolidasi dengan BUMN-BUMN tersebut untuk kembali ke core business-nya.

“Semua BUMN punya bisnis hotel. Nah, ini kenapa kami harus konsolidasi sesuai dengan core business-nya,” kata Erick di Gedung DPR RI, Jakarta.

Jika menelisik lebih jauh, pada periode sebelumnya, zaman Menteri BUMN dijabat Rini Soemarno membentuk konsolidasi seluruh hotel yang dimiliki BUMN dalam sinergi Hotel Indonesia Group (HIG).

PT Hotel Indonesia Natour (HIN) kemudian ditunjuk sebagai koordinatornya. .Perusahaan ini memiliki bisnis hotel bernama Inna Hotels & Resorts.

HIN saat ini telah miliki 14 unit Hotel, diantaranya Inaya Putri Bali, Grand Inna Kuta, Grand Inna Padang, Grand Inna Bali Beach, Grand Inna Malioboro, Grand Inna Tunjungan, Grand Inna Samudra Beach, dan Grand Inna Medan.

Namun, ternyata ada BUMN justru yang miliki Hotel, yang jauh dari core business. Salah satu BUMN yang tercatat miliki hotel yang cukup banyak adalah PT Pertamina (Persero).

Melalui anak usahanya, PT Patra Jasa, perusahaan memiliki bisnis hotel dan gedung kantor. Yang cukup popular adalah The Patra Bali Resort & Villas di Kuta. Lalu, ada Patra Semarang, Patra Comfort Bandung, Patra Comfort Jakarta, Patra Comfort Anyer, dan Patra Comfort Parapat.

Hotel yang dimiliki oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk juga tak kalah beken. Melalui anak usahanya, PT Aero Wisata, BUMN penerbangan itu memiliki hotel kelas bintang lima, Prama Grand Preanger Bandung, Prama Sanur Beach Bali, dan Prama Sthala Ubud Bali.

Lalu, Aero Wisata juga memiliki hotel untuk kelas menengah yang disebut Kila, seperti Kila Senggigi Beach Lombok. Kategori hotel yang lebih murah lagi adalah Asana. Contoh hotelnya seperti Asana Grove Yogyakarta, Asana Kawanua Jakarta, Asana Grand Pangrango Bogor, Asana Agung Putra Bali, dan Asana Nevada Ketapang.

TAGS : Erick Thohir BUMN Hotel




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :