Sabtu, 27/04/2024 08:22 WIB

Gereja Ditembaki, 14 Orang Tewas

Serangan itu menandai serangkaian serangan kelompok radikal ISIS tahun ini yang menargetkan tempat-tempat ibadah, menurut keterangan pemerintah daerah.

Statistik serangan ISIS di Burkina Faso (Foto: AFP)

Uagadougou, Jurnas.com - 14 orang tewas dalam serangan penembakan pada Minggu (1/12) pagi di sebuah gereja di Burkina Faso timur.

Serangan itu menandai serangkaian serangan kelompok radikal ISIS tahun ini yang menargetkan tempat-tempat ibadah, menurut keterangan pemerintah daerah.

"Orang-orang bersenjata tak dikenal melakukan serangan selama kebaktian Minggu di sebuah gereja Protestan di kota Hantoukoura dekat perbatasan dengan Niger," demikian pernyataan pemerintah dikutip dari AFP pada Senin (2/12).

"Serangan ini sayangnya menewaskan 14 orang dan banyak yang terluka," lanjut dia.

Tentara di wilayah itu memburu para penyerang, yang melarikan diri dengan menggunakan skuter.

Negara miskin Afrika Barat itu telah menderita serangkaian serangan dengan sasaran-sasaran Kristen sejak Februari lalu, dan menewaskan 21 orang sebelum serangan Minggu kemarin.

Diketahui, kelompok-kelompok jihadis menargetkan tokoh agama Kristen dan Muslim yang mereka anggap tidak cukup radikal di negara itu, di mana secara tradisional kedua agama telah hidup berdampingan secara damai.

Lebih dari 700 orang telah tewas dalam kerusuhan ISIS sejak pertempuran meluas melintasi perbatasan dari Mali.

Penyergapan terhadap konvoi karyawan perusahaan tambang Kanada di Burkina Faso awal bulan ini menewaskan 37 orang, serangan paling mematikan dalam hampir lima tahun kekerasan jihadis.

Sebagian besar kekerasan itu dikaitkan dengan para jihadis yang berafiliasi dengan Al-Qaeda atau kelompok ISIS, dengan sekitar 500.000 orang terlantar akibat serangan, menurut PBB.

KEYWORD :

Serangan Gereja Burkina Faso ISIS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :