Kamis, 25/04/2024 17:29 WIB

PGRI Desak Pemerintah Segera Angkat Lulusan PPPK

Pasalnya, hingga saat ini nasib 50 ribuan honorer K2 yang lulus PPPK belum jelas, sejak usainya rekrutmen PPPK yang digelar pada Februari 2019 lalu.

Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi

Jakarta, Jurnas.com - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mendesak pemerintah segera mengangkat guru honorer yang sudah dinyatakan lulus dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya, hingga saat ini nasib 50 ribuan honorer K2 yang lulus PPPK belum jelas, sejak usainya rekrutmen PPPK yang digelar pada Februari 2019 lalu.

"Dalam dua tahu ini, rekrutmen guru paling besar. Pemerintah juga memberi kesempatan pada honorer di atas 35 tahun untuk menjadi PPP#. Tapi saat ini mereka yang lulus belum bisa akses ke pemda (pemerintah daerah). Karenanya kami mohon segera diproses," tegas Ketum PB PGRI Unifah Rosyidi dalam HUT PGRI ke-74 di Cikarang, Jawa Barat pada Sabtu (30/11).

Unifah juga optimistis, saat ini pemerintah sedang melakukan pengkajian terkait teknis dan regulasi yang mengatur jabatan PPPK.

"Karena itu sesuatu yg baru, mari kita semua harus berpikir postif, jangan negatif," pinta Unifah.

Dalam pidatonya, Unifah juga menyinggung soal kekurangan guru di Indonesia. Kondisi itu juga diperburuk dengan persentase sertifikasi yang masih berada di angka 52 persen, serta minimnya pelatihan untuk para guru.

"Mudah-mudahan setelah ini sertifikasinnya diperbanyak, pelatihannya diperbanyak, dan kesejahteraan bapak dan ibu (guru) meningkat," kata Unifah.

"Tapi ada syaratnya, kita semua harus terus belajar. Karena kalau berhenti belajar, berarti juga berhenti mengajar," imbuh dia.

Unifah sekaligus mendukung upaya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam pidato Hari Guru Nasional (HGN), untuk mendorong kreativitas guru di dalam kelas.

Menurut dia, jika semua guru bergerak dengan tanggung jawab masing-masing, meningkatkan prfesionalisme, dan menjaga integritas, dia optimistis akan tercapai SDM Unggul Indonesia Maju.

"Dengan kehadiran Mas Menteri dan kepala daerah, kami mengharapkan perhatian terhadap peningkatan kualitas guru, pelatihan berkesinambungan, dan kesejahteraan guru terus ditingkatkan," tandas dia.

KEYWORD :

PGRI Unifah Rosyidi Guru Honorer PPPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :