Sabtu, 20/04/2024 14:39 WIB

Korban First Travel Diberangkat Umrah, Luthfi: Semoga Ditepati

 Luthfi berharap agar apa yang disampaikan Fachrul Razi dapat terealisasikan untuk mengobati kekecewaan 63 ribu jemaah korban penipuan First Travel. 

Menteri Agama (Menag), Fahrur Rozi yang mengenakan kopia hitam (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kuasa hukum korban First Travel, TM Luthfi Yazid mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) akan memberangkatkan jemaah korban penipuan First Travel umrah ke Tanah Suci.

Namun, korban yang akan diberangkatkan berdasarkan tingkat kekayaan. Bagi korban First Travel yang sudah membayar Rp12 juta dengan asumsi biaya umrah Rp 20 juta, pemerintah akan membantu memberangkatkannya.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Menteri atas ide beliau di dalam Raker dengan Komisi VIII, meskipun hal tersebut baru sebatas  ide atau gagasan, namun setidaknya memberikan sedikit harapan kepada para jamaah," kata Luthfi dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Kamis (28/11).

"Yang pengting adalah, kini negara (Pemerintah) yang memberikan izin serta memperpanjang izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah First Travel dengan Menteri Agama yang baru Fahrur Rozi sudah mulai siuman dan hadir," sambungnya.

Selain itu, Luthfi juga meberikan masukan kepada Kemenag agar usulan tersebut dapat terwujud. Di antaranya ialah penyelenggaraan umrah tidak harus sembilan hari.

"Kami memberikan perumpamaan kepada Pak Menteri sebagai alternative solusi, misalnya, penyelenggaraan umrah tidak harus sembilan hari. Cukup beberapa hari saja asal terpenuhi syarat umrah saja," ujarnya.

"Biaya visa, pesawat maupun penginapan selama di tanah suci mungkin dapat dibicarakan dengan pemerintah Saudi Arabia (Government to Government). Soal makan atau catering mungkin dapat dicarikan yang murah," tambahnya.

Selanjutnya, Luthfi berharap agar apa yang disampaikan Fachrul Razi dapat terealisasikan untuk mengobati kekecewaan 63 ribu jemaah korban penipuan First Travel

"Masalahnya sekarang ialah, para jamaah korban First Travel tersebut menunggu realisasi dari ide dari Pak Menteri tersebut agar para jamaah benar-benar dapat diberangkatkan untuk umrah, sungguh pun harus dilakukan secara bertahap," tegas Luthfi

KEYWORD :

First Travel TM Luthfi Yazid Fahrur Rozi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :