Kamis, 28/01/2021 06:50 WIB

Lulusan Politeknik Diundang Berkarir di Batam

Wali Kota Batam mengundang lulusan Politeknik seluruh Indonesia, untuk berkarir di kawasan yang berbatasan dengan Singapura itu.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (tengah)

Batam, Jurnas.com - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyebut saat ini wilayahnya sedang menggalakkan pembangunan infrastruktur. Karena itu, dia mengundang lulusan Politeknik seluruh Indonesia, untuk berkarir di kawasan yang berbatasan dengan Singapura itu.

"Ada dua hal yang ingin kami bangun, yang mudah-mudahan ahli-ahli dari politeknik maupun perguruan tinggi bisa memberikan kontribusi. Pertama pelabuhan, kedua bandara," kata Rudi dalam kegiatan penutupan `EXPO Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) 2019` di Politeknik Negeri Batam, Batam pada Minggu (24/11) malam.

Upaya Batam untuk berbenah, lanjut Rudi, agar tidak kalah bersaing dari negara tetangga. Dia mengatakan, saat ini teknologi pelabuhan yang dipakai daerah sudah ketinggalan zaman.

"Singapura sudah pakai teknologi pelabuhan paling canggih di dunia, sedangkan kami menggunakan teknologi paling rendah di dunia," ujar dia.

Selain membangun kedua fasilitas vital tersebut, Rudi mengatakan Batam juga sedang menggenjot pembangunan di sektor pariwisata.

Karena itu, dia menegaskan tidak akan memperumit proses investasi yang akan masuk ke Batam, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian.

"Jika ada yang mau investasi di sini, langsung berhadapan dengan saya. Tidak akan ada birokrasi yang berbelit-belit. Langsung temui saya di Pemkot atau di BP Batam," tegas dia.

Sementara Kepala Subdirektorat Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Octa Nugroho Shando menyebut KMI 2019 merupakan upaya pemerintah mengembangkan minat mahasiswa di bidang kewirausahaan.

Menurut Octa, memupuk wirausahawan muda di kalangan mahasiswa merupakan kunci untuk meningkatkan perekonomian negara.

"Semoga mahasiswa terinspirasi menjadi enterpreuner muda yang produktif, selanjutnya berkolaborasi lebih luas," kata Octa.

Kegiatan KMI 2019 yang dilaksanakan pada 22-25 November 2019, diikuti oleh 291 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tahunan itu ditetapkan sejumlah kategori pemenang, antara lain Industri Kreatif I, Industri Kreatif II, Jasa dan Perdagangan, Makanan dan Minuman I, Makanan dan Minuman II, Produksi/Budidaya, dan Industri Teknologi.

TAGS : Kota Batam Politeknik KMI 2019 Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :