Sabtu, 20/04/2024 05:57 WIB

Perebutan Medali POPNAS 2019 di Dayung Rowing Berlangsung Ketat

Hingga saat ini, Jawa Barat masih kuasai klasemen sementara perolehan medali. Provinsi paling barat di Pulau Jawa itu melesat dengan sembilan emas, 12 perak, sembilan perunggu.
 
 

Cabang olahraga dayung rowing Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019 diselenggarakan di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, selasa (19/11).

Karawang, Jurnas.com – Perebutan medali di cabang olahraga dayung rowing Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019 berlangsung ketat. Bahkan sampai tiga provinsi berbagi emas pada partai final yang diselenggarakan di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, selasa (19/11). Ketiganya adalah Jambi, Sulawesi Tengah, dan Jawa Barat.

Pada Popnas XV/2019 yang didukung Lembaga Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora itu Jambi meraih emas pada kelas W1X (Women Single Scull). Emas pertama Jambi itu dipersembahkan Mutiara Rahma Putri yang berhasil mencatatkan waktu 8 menit 5 detik untuk menaklukkan lintasan sepanjang 2.000 meter. Kemudian perak dan perunggu masing-masing diraih kontingen Sulawesi Utara Aulia Galib (9 menit,01 detik) dan Kontingen Sulawesi Tengah Ni Nyoman Yuli (9 menit 13 detik).

Di kelas M2X (Man Double Scull) giliran Kontingen Sulawesi Tengah unjuk gigi. Mereka berhasil mencatatkan waktu 7 menit melalui Rizki Umar/Ahmad Tarmizi untuk mengunci emas. Kemudian atlet DKI Jakarta Johanes Franxisco/Rangga Bilnazari (7 menit 6 detik) bae pulang perak dan perunggu untuk atlet asal Sulawesi Tenggara Rizal Agung/Arjuharman (7 menit 18 detik).

Di kelas W4X (Woman Quadruple Scull) kontingen Jawa Barat berhasil memastikan medali emas ditangan usai kerja keras Nadia Izati, Anggi Widiarti, Ersa Cahyani dan Anisa Meilani mencatatkan waktu tercepatnya 7 menit 32 detik dari kontingen Sumsel (7menit 41 detik) dan DKI Jakarta (7 menit 48 detik) dan masing-masing meraih medali perak dan perunggu.

Tehnical Delegate cabang dayung rowing Dede Rohmat merasa senang pelaksanaan final pertama berjalan baik dan lancar. “Pelaksanaan final pagi ini alhamdulillah sesuai dengan perencanaan termasuk menit-menit bertandingnya telah sesuai dengan perencanaan karena performa atlet pelajar saat ini jauh lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Dede Selasa (19/11).

Dijelaskan Dede, hasil yang dicatatkan para atlet ini sangat berguna untuk masa depannya. “Ini menjadi bekal dari pembinaan mereka di PPLP, PPLD dan SMANOR jadi luar biasa sekali peningkatannya, tadi kita lihat sangat kompetitif dalam perebutan posisi I,II,III untuk setiap nomor dan medalinya tersebar ke Jambi, Sulteng dan Jabar,” ucapnya.

Hingga saat ini, Jawa Barat masih kuasai klasemen sementara perolehan medali. Provinsi paling barat di Pulau Jawa itu melesat dengan sembilan emas, 12 perak, sembilan perunggu. Disusul Jawa Timur dengan koleksi delapan emas, lima perak, dan sembilan perunggu, kemudian DKI Jakarta masih di posisi ketiga dengan tujuh emas, enam perak dan delapan perunggu. Bali yang kemarin menduduki posisi kedua kini melorot ke posisi keempat dengan modal empat emas, tiga perak, dan enam perunggu. Klasemen medali POPNAS 2019 dipastikan masih akan berubah karena masih banyak medali yang diperebutkan.

KEYWORD :

Popnas LPDUK Kemenpora dayung rowing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :