Sabtu, 20/04/2024 06:40 WIB

Di Depan Ka`bah, Ketua DPR Minta Israel Hentikan Serangan ke Gaza

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah konkret untuk mencegah serangan Israel ke Jalur Gaza tidak terjadi lagi.

Ketua DPR, Puan Maharani saat menjalani ibadah Umroh

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah Indonesia mengambil langkah konkret untuk mencegah serangan Israel ke Jalur Gaza tidak terjadi lagi.

Menurutnya, kecaman atas serangan Israel ke Jalur Gaza saja tidak cukup. "Harus ada langkah konkret memanfaatkan pengaruh Indonesia sebagai negara muslim terbesar," kata Puan, disela-sela ibadah Umroh yang dijalani sejak Jumat pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Puan juga menyatakan bela sungkawa atas jatuhnya korban sipil dalam serangan itu dan meminta Israel menghentikan serangannya dan mematuhi gencatan senjata.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengecam serangan militer Israel ke Jalur Gaza. Serangan tersebut diketahui telah menyebabkan sedikitnya 34 warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak meninggal dunia.

Menurut Puan, Indonesia harus berinisiatif menggalang solidaritas sesama negara muslim untuk menekan Israel mematuhi penyelesaian damai Palestina berdasarkan konsep two – state solution.

"Kemarin waktu ketemu Menlu Maroko saya menekankan pentingnya dukungan terhadap negara Palestina dengan meningkatkan solidaritas sesama negara muslim,” ujar Puan yang menceritakan pengalamannya bertemu Menlu Maroko Nasser Bourita di Jakarta, 28Oktober 2019 lalu.

Puan juga meminta pemerintah memanfaatkan posisinya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB yang menjadi bagian dari proses perumusan kebijakan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional sesuai mandat Piagam PBB.

"Angkat terus isu kemerdekaan Palestina dalam sidang-sidang di PBB sambal melobi negara-negara lain," tuturnya.

Kata Puan, Indonesia sudah mendukung kemerdekaan Palestina sejak masa Presiden Soekarno dulu. Prinsip politik luar bangsa Indonesia yang bebas aktif mewajibkan pemerintah Indonesia harus bersikap pro-aktif membela dan menghapuskan adanya penjajahan di muka bumi sesuai amanat Pembukaan UUD 1945.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Puan Maharani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :