Selasa, 23/04/2024 21:03 WIB

Pembangunan SDM Melalui Kompetensi Keterampilan

Tak ketinggalan GMT Institute juga menempatkan diri sebagai rujukan praktis referensial kebutuhan pembelajaran pengelolaan properti

GMT Institute

Jakarta, Jurnas.com - Janji Presiden Joko Widodo sejak kampanye pilpres kemarin adalah bahwa di masa bakti kedua kepresidenan beliau akan konsen dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), disamping pembangunan infrastruktur yang terus berlanjut.

Impian untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia bukan mustahil dengan berbagai modal dasar dan keunggulan nyata yang dimiliki Indonesia.

Pengamatan optimis selama ini, impian tersebut akan terwujud tidak lebih dari jangka waktu 25 tahun lagi. Dan dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden untuk periode keduanya, Joko Widodo konsisten sesuai janji sebelumnya, menyampaikan program, target, tujuan pembangunan SDM.

Niat hebat ini tentu harus didukung berbagai elemen masyarakat, karena yang diuntungkan juga nantinya adalah semua lapisan masyarakat. GMT Institute, dengan pengalaman 15 tahun berkontribusi di bidang diklat, perencanaan dan pengembangan, serta mengorganisasi kegiatan, terutama terkait pelatihan property management serta pengembangan profesionalisme, tentu tidak boleh melewatkan visi-misi dan programnya yang tak lepas dari pembangunan SDM.

Membandingkan dengan rencana dan target kerja pemerintah, GMT Institute tertantang lebih mengedepankan segala sumber dayanya yang juga program-programnya telah padat teknologi. Keunggulan GMT Isntitute salah satunya adalah antisipasi kebutuhan tenaga professional di bidang pengelolaan property, khususnya pengelolaan bangunan gedung.

Properti merupakan investasi jangka panjang, yang sering disandingkan dengan investasi emas ataupun saham. Bisnis yang dulu menjadi idola, antara lain perbankan dan industri manufaktur, sekarang mulai mengalihkan sebagian investasinya ke bidang properti yang terus tumbuh.

Properti di sini tentu bukan hanya terkait tanah dan konstruksinya saja, melainkan bagaimana membuat properti itu bertahan, berguna maksimal dan menguntungkan.

GMT Institute memiliki beberapa program unggulan berkenaan pelatihan dan pendidikan SDM. Salah satu yang rutin setiap bulan dilaksanakan, Property Management Course. Property Management Course (PMC) merupakan pendidikan dan pelatihan memperdalam pengetahuan dan keterampilan mengelola properti.

Program ini terbuka untuk diikuti para building management dan praktisi atau profesi semacamnya. PMC menyajikan 16 materi pembelajaran, diantaranya: Mechanical, Electrical & Plumbing, Housekeeping & Hospitality, Parking, Fitting Out, Fire Safety dan materi-materi menarik lainnya. PMC yang diselenggarakan GMT Institute merupakan pertama dan satu-satunya pelatihan di Indonesia yang komprehensif mengenai building management.

Menyambut era dan kebutuhan manusia digital, GMT Institute tertantang mengembangkan model bagi program-programnya. Kini telah tersedia versi pertama pendidikan dan pelatihan berbasis online kembangan GMT Institute, yang diberi nama E-Learning Property Management.

Dengan adanya e-learning ini, peserta yang karena alasan jarak serta tidak luangnya waktu kehadiran, bisa mengikuti program E-Learning Property Management. Peserta tidak perlu lagi datang dan duduk di kelas, hanya perlu membuka gadget dan mengambil modul yang ditawarkan.

E-Learning Property Management produk GMT Institute menyediakan video-video pembelajaran berkualitas, modul online, dan akhirnya mendapatkan sertifikat kelulusan, dengan mengikuti ujian yang diselenggarakan secara online juga. Akses ke E-Learning Property Management, bisa melalui aplikasi kursus online Udemy (orang sering menyebutnya Netflixnya kursus online), atau melalui situs khusus yang dibuat GMT Institute beralamat di https://e-learning.gmtinstitute.com/.

Tak ketinggalan GMT Institute juga menempatkan diri sebagai rujukan praktis referensial kebutuhan pembelajaran pengelolaan properti. Dengan ini GMT Institute telah menerbitkan dengan beberapa kali versi pembaruan Property Manager Handbook.

Secara garis besar bab di dalam Property Manager Handbook adalah: Properti dan Pengelolaannya, Panduan Operasional Property Manager, Ruang Lingkup Property Manager, Be A Professional Property Manager, serta dilengkapi Daftar Istilah terkait. Umum bisa membeli buku dimaksud dengan menghubungi GMT Institute di Jalan Kendal 1 Menteng Jakarta.

Kembali kepada janji dan fokus pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo, yakni ‘SDM Unggul, Indonesia Maju!’, GMT Institute melalui program-programnya merupakan salah satu upaya dari manajemen GMT Institute untuk ikut berpartisipasi.

Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang meningkat dari 70,81 menjadi 71,39 (skala maksimal 100) di tahun 2018, diharapkan meningkat lebih melesat lagi di tahun-tahun berikut. Indonesia memiliki sumber daya alam dan SDM melimpah, lokasi geografis yang strategis, dan luas negara yang mencapai hampir 2 juta km2. Tinggal apa? Tinggal peningkatan sungguh-sungguh sikap, pengetahuan dan keterampilannya untuk mengelola sumber daya tak terbatas itu.

KEYWORD :

Pembangunan SDM Janji Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :