Sabtu, 20/04/2024 23:01 WIB

Puan Maharani: Komitmen Brimob Jaga NKRI dan Pancasila Tak Perlu Diragukan

Komitmen Korps Brimob sebagai pasukan elit Polri dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila tidak perlu diragukan lagi.

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com - Komitmen Korps Brimob sebagai pasukan elit Polri dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila tidak perlu diragukan lagi.

Demikian disampaikan Ketua DPR, Puan Maharani saat menghadiri upacara HUT ke-74 Korps Brimob, di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (14/11).

Menurutnya, sejarah mencatat peranan Resimen ini dalam operasi penumpasan dan pembersihan berbagai pemberontakan, dari DI/TII Kartosuwiryo, DI/TII Daud Beureuh, PRRI, sampai operasi penumpasan DI/TII Kahar Muzakar. Bahkan, Brimob juga terlibat saat pembebasan Irian Barat.

"Karena itu, bagi saya, komitmen Brimob untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak perlu kita ragukan lagi," kata Puan Maharani.

Untuk itu, Puan bersyukur Indonesia memiliki pasukan Brimob yang juga setia menjaga NKRI. Menurutnya, kelahiran Brimob tidak bisa dilepaskan dari perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Embrio Brimob menjadi pasukan pioner dalam awal perebutan senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Terkait dengan penanganan aksi unjukrasa, Puan meminta, personel Brimob harus tetap berpegang teguh pada Protap pengamanan dan tidak mudah emosi meski dihujat para pendemo.

“Mereka adalah saudara-saudara kita juga. Ikuti SOP pengamanan dan patuhi garis komando. Jangan lupa aturan-aturan HAM ketika menghadapi unjukrasa," tutur Puan.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Puan Maharani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :