Sabtu, 20/04/2024 02:40 WIB

Karateka SD Indonesia Boyong Tiga Emas dari Belgia

Karateka SD Tanah Air sukses memboyong tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam turnamen karate internasional `4th edition of International Karate Open of Province de Liege` 2019 di Herstal, Belgia pada 6-13 November.

Direktur Pembinaan SD Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Khamim

Jakarta, Jurnas.com – Pelajar sekolah dasar (SD) Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Karateka SD Tanah Air sukses memboyong tiga medali emas, satu perak, dan satu perunggu dalam turnamen karate internasional `4th edition of International Karate Open of Province de Liege` 2019 di Herstal, Belgia pada 6-13 November.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khamim mengatakan, iven bergengsi tersebut diikuti 25 negara. Indonesia sendiri mengirim delegasinya, yang terdiri dari satu orang team leader, dua deputy leader, dua pelatih, dan enam tim.

“Dengan capaian prestasi peserta didik kita dengan perolehan tiga emas, satu perak dan satu perunggu dalam turnamen karate Internasional ini maka diharapkan dapat memotivasi anak Indonesia untuk selalu dapat berprestasi,” kata Khamim pada Rabu (13/11) di Jakarta.

Tiga medali emas diraih oleh Radhitya Rimba Adiyaksa Mahendra dari SD Negeri Ponokawan, Sidoarjo, Jawa Timur. Dia menyabet emas di kategori `Kata Laki-Laki U-12`. Prestasi ini diikuti oleh Callysta Almira Cahyati dari SD Negeri Rangkah VI, Surabaya, Jawa Timur yang menyabet emas dari kategori `Kata Perempuan U-12`.

Sementara satu emas lainnya disumbangkan oleh Muhammad Dhijey Lexsie dari UPT SPF SD Negeri 101770 Deli Serdang, Sumatera Utara. Dia berhasil mendapatkan perak lewat kategori `Kumite Laki-Laki U-12`. Lexsie juga merebut satu perak dari kategori `Kata Laki-Laki U-12`.

Ni Kadek Renia asal SD Negeri 3 Banjar Jawa, Buleleng, Bali melengkapi perolehan medali Indonesia, dengan menyumbang perunggu lewat `Kumite Perempuan U-12` kategori 35 kg.

Tidak hanya mendapatkan piala dari penyelenggara, para pemenang juga mendapatkan hadiah khusus dari Ditjen Dikdasmen Direktorat PSD, berupa uang pembinaan. Rinciannya ialah, Rp5 juta untuk peraih medali emas, Rp4 juta untuk medali perak, dan Rp3 juta bagi peraih perunggu.

“Para peserta didik yang terpilih mewakili Indonesia di turnamen ini diharapkan dapat menjadi duta olahraga yang baik. Selain itu, mereka mampu berbagi pengalaman kepada teman-temannya sebagai tutor sebaya di zonanya, atau zona terdekat di sekitarnya maupun di kabupaten/kota, bahkan di tingkat provinsi,” tandas Khamim.

KEYWORD :

Turnamen Karate Siswa SD Kemdikbud




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :