Sabtu, 20/04/2024 01:35 WIB

Daratan dan Lautan Jadi Lumbung Kemakmuran Bangsa

Penguasaan terhadap ilmu dasar ini akan menopang pengembangan penguasaan ilmu teknik.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Koordinator Media TKN Monang Sinaga saat memberikan keterangan pers di Posko Cemara, Sabtu ( 22/12).

Jakarta, Jurnas.com - Menurunnya pertumbuhan perekonomian dunia berdampak langsung ke Indonesia. Namun bagi PDI Perjuangan, kondisi ini justru bisa digunakan sebagai momentum konsolidasi perekonomian nasional, meletakkan dasar-dasar kemajuan di segala bidang kehidupan berbangsa.

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Nusantara dikenal begitu kaya dengan rempah-rempah, keanekaragaman flora dan fauna, dan sumber makanan begitu melimpah, yang dipadukan dengan aneka ragam bumbu-bumbuan makanan yang paling lengkap di dunia.

"Apabila hal tersebut dikembangkan dari hulu dan hilir, didukung oleh penguasaan teknologi pengolahan, maka ke depan bisa menjadi keunggulan bagi kemakmuran bangsa," ujar Hasto, Rabu (6/11/2019).

Ia menjelaskan, Indonesia yang adil dan makmur hanya bisa dicapai apabila manusia Indonesia digembleng kemampuan teknokratiknya, namun terus ditopang semangat berdaulat dan berdikari sebagai bangsa merdeka.

Tanpa rasa percaya pada kekuatan sendiri, lanjutnya, Indonesia hanya menjadi bangsa pengekor. Karena itulah PDI Perjuangan melalui para anggota dan kadernya mendorong pentingnya penguasaan ilmu dasar seperti matematika, fisika, kimia, biologi.

"Penguasaan terhadap ilmu dasar ini akan menopang pengembangan penguasaan ilmu teknik guna membantu seluruh proses produksi yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak," jelasnya.

Ia memberi contoh sederhana, pengolahan singkong, ubi, jagung, dan aneka produk hortikultura secara massal, didukung oleh budi daya kelautan, bisa menjadi sumber makanan yang melimpah.

"Belum lagi sumber rempah-rempah, industri kayu melalui hutan tanaman industri, ataupun sumber minyak esensial untuk aromaterapi, dan masih banyak lagi. Semua adalah jalan kemakmuran bagi negeri," papar Hasto.

Kata Hasto, dengan potensi yang begitu besar, namun minim kemampuan budidaya, maka peningkatan kualitas SDM secara masif dan progresif yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi menjadi jawaban dan pilar kemajuan bangsa.

"PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Jokowi guna meningkatkan kualitas SDM Indonesia," tegasnya.

Lebih jauh dikatakan, PDIP mendorong politik yang membumi guna menyelesaikan masalah rakyat, bangsa, dan negara yang berpijak dari rasa percaya terhadap kekuatan bangsa sendiri.

"Mari kita bangun keunggulan daya saing bangsa di setiap bidang kehidupan," pungkas Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Sumber Daya Manusia Teknologi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :