Minggu, 08/12/2019 16:06 WIB

Turki Klaim Ringkus Saudara Perempuan Al-Baghdadi

Turki mengklaim menangkap kakak perempuan Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS yang terbunuh di barat laut Suriah

Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi

Jakarta, Jurnas.com - Turki mengklaim menangkap kakak perempuan Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin ISIS yang terbunuh di barat laut Suriah, Senin (04/11) waktu setempat. Namun sedikit yang diketahui tentang saudara perempuan al-Baghdadi.

Pejabat Turki itu mengatakan bahwa perempuan berusia 65 tahun yang dikenal sebagai Rasmiya Awad itu diduga berafiliasi dengan kelompok ekstremis itu.

Dilansir Alarabiya, Awad ditangkap dalam serangan pada Senin malam di sebuah kontainer trailer yang ia tinggali bersama keluarganya di dekat kota Azaz di provinsi Aleppo.

Daerah itu adalah bagian dari wilayah yang dikelola oleh Turki setelah melakukan operasi militer untuk mengusir gerilyawan ISIS dan pejuang Kurdi mulai 2016.

Kelompok-kelompok Sekutu Suriah mengelola daerah yang dikenal sebagai zona Perisai Eufrat. Pejabat itu mengatakan Awad bersama suaminya, menantu perempuan dan lima anak.

 “Hal semacam ini adalah tambang emas intelijen. Apa yang dia ketahui tentang (ISIS) dapat secara signifikan memperluas pemahaman kita tentang grup dan membantu kita menangkap lebih banyak orang jahat,”kata pejabat itu.

Al-Baghdadi, seorang Irak dari Samarra, tewas dalam serangan AS di provinsi terdekat Idlib bulan lalu. Serangan itu merupakan pukulan besar bagi kelompok itu, yang telah kehilangan wilayah yang dikuasai di Suriah dan Irak dalam serangkaian kekalahan militer oleh koalisi pimpinan AS dan sekutu Suriah dan Irak.

Banyak anggota ISIS telah melarikan diri melalui rute penyelundupan ke Suriah barat laut pada hari-hari terakhir pertempuran menjelang kekalahan teritorial kelompok awal tahun ini, sementara yang lain telah melebur ke padang pasir di Suriah atau Irak.

Pemimpin ISIS al-Baghdadi dikenal dekat dengan salah satu saudara laki-lakinya, yang dikenal oleh penggantinya Abu Hamza.

Pembantu Al-Baghdadi terbunuh beberapa jam setelah serangan itu, juga di Suriah barat laut, dalam serangan AS. Kelompok itu menamai penggantinya dengan al-Baghdadi beberapa hari kemudian, tetapi sedikit yang diketahui tentangnya atau bagaimana struktur kelompok itu dipengaruhi oleh pukulan yang berurutan.

TAGS : Saudara Al-Bahgdadi Pemimpin ISIS Militer Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :