Selasa, 23/04/2024 15:24 WIB

Kader Parpol Harus Kuasai Iptek dan Ekonomi

PDIP ingin mengubah orientasi kepartaian dengan menekankan pentingnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Banjarmasin, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyampaikan, kader partai harus memperluas ruang geraknya bukan hanya pada bidang politik saja.

Tapi juga bidang lain seperti ekonomi, mencetak para usahawan dan yang terpenting penguasaan ilmu pengetahuan (Iptek).

"PDIP ingin mengubah orientasi kepartaian dengan menekankan pentingnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Hasto dalam sambutan Pembukaan Rapat Tiga Pilar di Kantor DPD PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel), Banjarmasin, Senin (4/11/2019).

Hasto hadir bersama Ketua DPP PDIP, Sri Rahayu, Ketua DPD PDIP Kalsel, Mardani H. Maming, para Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalsel Syafruddin M. Maming, Sulaiman Umar, Rifqinizamy Karsayuda, serta para kepala daerah yang juga kader PDIP.

"Ibu Megawati berpesan agar kepala daerah PDIP di Kalimantan Selatan menjadi pelopor politik hijau dengan mencintai tanaman," ujarnya.

Ia juga mengingatkan, Kalsel dikarunia alam yang luar biasa. Kepala daerah wajib membangun kebun raya jangan hanya mengurusi tambang saja.

"Mari jaga kekayaan alam dengan politik penghijauan," ucapnya.

Sekjen PDIP juga mempromosikan ekonomi gotong royong dalam praktek seperti budi daya ulat jerman untuk produksi minyak goreng guna mengurangi penebangan sawit dan tetap menjaga kelestarian hutan.

Selain itu, politisi asal Yogyakarta itu juga menyampaikan pentingnya politik yang menembus ruang dan waktu.

Maksudnya, partai harus merubah dirinya ke dalam budaya politik yang kreatif, maju, modern tanpa harus meninggalkan jati dirinya sebagai bangsa.

"Dengan demikian berpolitik itu membuat legacy. Legacy itu bukan hanya mencari kemenangan, menang pemilu berturut-turut, tapi bagaimana berpartai itu hadir bersama rakyat, hadir di tengah rakyat dengan legacy tersebut, itu tugas kita selanjutnya," tutur dia.

"Karena itulah PDIP mampu menang dua kali berturut-turut, dan untuk bisa menang tiga kali berturut-turut harus kita wujudkan," imbuh Hasto.

Sementara itu, Ketua DPD Kalsel, Mardani H. Maming mengatakan, Rapat Tiga Pilar ini momentum bagi pengurus PDIP di daerahnya dalam menyiapkan Pilkada Serentak tahun 2020

Mardani mengatakan, Pilkada serentak di Sulsel akan memilih pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur serta tujuh kepala daerah tingkat kabupaten/kota.

KEYWORD :

Iptek Ekonomi Hutan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :