Jum'at, 04/12/2020 15:17 WIB

Iran Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan Azerbaijan di Laut Kaspia

Iran selalu siap mengembangkan kerja sama maritim dengan Azerbaijan di lembah Kaspia sehubungan dengan eksplorasi (sumber daya bawah laut) dan (perlindungan) lingkungan

Presiden Hassan Rouhani saat peresmian di Bandara Internasional Imam Khomeini (IKIA) di Teheran selatan, Selasa (18/6).

Baku, Jurnas.com - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, Republik Islam siap meningkatkan hubungannya dengan Republik Azerbaijan di wilayah Laut Kaspia. Ia mencatat, hubungan kedua pejabat istana saat ini berada pada tingkat yang memuaskan.

Demikian kata Rouhani pada pertemuan dengan timpalannya, Azeri Ilham Aliyev di Baku, Kamis (24/10) sore. Di sana Rouhani juga akan mengambil bagian dalam KTT Gerakan Non-Blok (NAM).

Rouhani menyebut Laut Kaspia sebagai lautan pembangunan, perdamaian dan persahabatan. "Iran selalu siap mengembangkan kerja sama maritim dengan Azerbaijan di lembah Kaspia sehubungan dengan eksplorasi (sumber daya bawah laut) dan (perlindungan) lingkungan," kata Rouhani.

Ia menambahkan, pemerintah dan bangsa Iran selalu mendukung negara dan pemerintah Azeri di forum internasional. Rouhani mengatakan, kedua negara bersama-sama dapat membantu mempromosikan perdamaian dan keamanan regional dan global.

Rouhani selanjutnya menyoroti pentingnya peningkatan hubungan antara Iran, Azerbaijan, dan Rusia dan mengatakan, "Teheran, Baku, dan Moskow harus memperluas kerjasama trilateral dan bersama mereka."

Rouhani mengatakan pengembangan hubungan dan kerja sama gabungan antara Teheran dan Baku akan melayani baik negara maupun kawasan.

Di tempat yang sama, Aliyev memuji pertumbuhan 70 persen dalam volume transaksi perdagangan antara Teheran dan Baku. Ia mengatakan kerja sama kedua negara di bidang energi, perbankan, industri, dan transportasi dalam kerangka kerja komisi ekonomi bersama mereka mengalami kemajuan.

Presiden Azeri menambahkan, kemajuan yang baik sudah torehkan dalam kegiatan konstruksi untuk Koridor Transportasi Utara-Selatan Internasional (INSTC), yang menghubungkan Samudra Hindia dan Teluk Persia melalui Iran ke Rusia dan Eropa Utara.

Aliyev lebih lanjut menyuarakan kesediaan negaranya untuk meningkatkan kerja sama dengan Republik Islam di semua bidang, menyerukan kontribusi Iran untuk pembangunan pembangkit listrik Azerbaijan, transportasi, dan proyek eksplorasi minyak.

Rouhani akan menghadiri dan menyampaikan pidato pada KTT GNB ke-18 pada hari Jumat.

Pertemuan tingkat menteri GNB diadakan pada Rabu dan Kamis, sebelum KTT ke-18 kepala negara-negara GNB yang akan diadakan pada tanggal 25 dan 26 Oktober.

Azerbaijan akan mengambil alih kepemimpinan Gerakan Non-Blok untuk tiga tahun mendatang.

NAM, sebuah organisasi internasional dengan 120 negara anggota dan 21 negara pengamat, mewakili hampir dua pertiga anggota PBB. Itu dianggap tidak selaras secara formal dengan atau melawan blok daya utama.

TAGS : Laut Kaspia Republik Islam Iran Hassan Rouhani Republik Azerbaijan Azeri Ilham Aliyev




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :