Selasa, 23/04/2024 23:28 WIB

Pensiun 3 Tahun Lagi, Jenderal (Purn) Tito Karnavian Lepas Baju Polri

MantanKapolri Jenderal(Purn) Tito Karnavian melepas baju Polrinya dan kini sebagai masyarakat sipil.

Jenderal (Purn) Tito Karnavian, saat menerima keputusan sebagai Mendagri.(Foto :Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Jendral (Purn) Tito Karnavian kini resmi memegang jabatan sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri), di Kabinet Indonesia Maju, dibawah Presiden Joko Widodo. Namun, TitoKarnavian masih menyimpan kesan manis selama menjadi Kapolri.
Diceritakan Tito Karnavian, momen saat melepas jabatannya itu menjadi hal yang tak terlupakan. Pada saat itu Tito menunggu pelepasan hingga dini hari. Ia menyebut saat melepas posisi sebagai orang nomor satu di Polri, dirinya ditemani oleh rekan-rekannya dari kepolisian.

"Tadi malam Pak Tjahjo, sampai pukul 00.00 WIB, itu masih ada yang nemenin saya di rumah, rekan-rekan. Kenapa? Karena ini adalah momentum yang secara privasi saya, secara pribadi juga adalah momentum yang tidak akan pernah terlupakan," ujar Tito dalam sambutannya di acara Sertijab, Kantor Kemendagri, Jl Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Dia juga menyebut, hal yang membuat dirinya tidak terlupakan, bukan hanya sekedar melepaskan jabatan sebagai Kapolri. Amanah yang baru didapatkannya itu juga membuat dirinya secara tidak langsung harus merelakan melepasjabatan tersebut, meskipun masa pension yang dimilikinya masih tersisa 3 tahun lagi.

"Jabatan yang diberikan atau amanah yang diberikan oleh Allah SWT melalui Pak Presiden ini, membawa konsekuensi karir saya selaku anggota kepolisian. Karena jabatan yang dijabat oleh sipil, maka saya harus berhenti sebagai Kapolri. Bukan hanya sebagai Kapolri tapi juga sebagai anggota Polri. Meskipun sebenarnya saya masih tiga tahun lagi pensiun," sambung Tito Karnavian.

Selain melepaskan posisi sebagai polisi, momen yang tak terlupakan bagi Tito yakni, ketika para sahabat-sahabatnya mendampingi dan melihat secara langsung prosesi dirinya melepas baju polisi. Yang mengartikan, bahwa kini Tito telah resmi menjadi purnawirawan.

"Jadi teman-teman tadi malam menunggu pukul 00.00 WIB untuk menyaksikan saya melepas baju Polri dan kemudian menjadi seorang purnawirawan, kembali menjadi sipil. Sehingga jangan lagi panggil saya ini ya, apa namanya itu Jenderal polisi, plus tambahin purnawirawan," ucap Tito tersenyum.

Tito kini resmi menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam Kabinet Indonesia Maju (2019-2024). Tito menggantikan posisi Tjahjo Kumolo yang sebelumnya menjabat posisi tersebut. Tjahjo sendiri bergeser menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

KEYWORD :

Tito Karnavian Baju Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :