Jum'at, 19/04/2024 09:49 WIB

Jokowi-Ma`ruf Resmi Dilantik, Negara Tetangga Komitmen Bangun Kerja Sama

Para kepala negara tetangga menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia

Sumpah jabatan Presiden Joko Widodo

Jakarta, Jurnas.com -  Ucapan selamat mengalir dari kepala negara tetangga setelah Joko Widodo dan Ma`ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di sela menerima kunjungan kehormatan sejumlah kepala negara di Istana negara pada Minggu (20/10) pagi.

Di antara kepada negara tetangga itu adalah Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

Retno mengatakan kepala negara tersebut juga menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia ke depannya.

"Presiden Jokowi juga menyampaikan tentunya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tamu yang sebagian juga terbang dari jauh untuk menghadiri acara inagurasi ini," ujar Retno.

Sultan Hassanal Bolkiah, kata Retno dalam pertemuan berterima kasih atas kontribusi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di negaranya dalam mendukung pembangunan ekonomi di sana.

"Sultan mengatakan kita tidak pernah punya maslaah. Yang ada hanya kita ingin terus memperkuat," kata Retno

"Sementara dengan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pertemuannya adalah bersifat tete a tete. Jadi saya tidak berada di pertemuan tersebut bapak hanya bicara dengan beliau," jelasnya.

Sementara dengan Pedana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Joko Widodo membahas mengenai tindak lanjut kerja sama digital dan ekonomi.

"Tampaknya perdana menteri juga melakukan beberapa pertemuan dengan perusahan-perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang digital ekonomi," jelasnya.

Sementara dengan Perdana Menteri Kamboja, Hu Sen, Retno mengatakan kedua kepala negara membahas mengenai kerja sama ekonomi.

Karena memiliki hubungan politik yang baik, Presiden Jokowi menginginkan agar kedua negara memperkokoh hubungan ekonomi. "Dan sekarang kita sedang menawarkan beberapa produk industri strategis Indonesia termasuk diantaranya adalah dari PT Inka," kata Retno.

Setelah pelantikan kata Retno, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden China, Wang Qishan, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan sejumlah utusan kepala negara lainnya. (Anadolu)

KEYWORD :

Joko Widodo Ma`ruf Amin Kerja Sama Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :