Kamis, 21/11/2019 22:34 WIB

Sembilan Petinggi Katalan Dihukum Penjara

Pengadilan tertinggi Spanyol menjatuhkan hukuman penjara kepada sembilan pemimpin politik Katalan

Warga Catalan berkumpul di Plaza Catalunya setelah pemungutan suara berakhir di Barcelona, Spanyol 1 Oktober 2017 (Foto: Susana Vera / Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Pengadilan tertinggi Spanyol menjatuhkan hukuman penjara kepada sembilan pemimpin politik Katalan, dengan hukuman bervariasi antara sembilan dan 13 tahun.

Mereka dinyatakan bersalah atas kejahatan penghasutan dan penyalahgunaan dana publik karena peran mereka dalam referendum kemerdekaan yang diorganisir dan ditahan tanpa persetujuan pemerintah federal pada 1 Oktober 2017, dan FC Barcelona telah mengkritik keputusan ini.

" FC Barcelona, sebagai salah satu entitas terkemuka di Catalonia dan sesuai dengan catatan sejarahnya untuk membela kebebasan berekspresi dan hak untuk memutuskan," bunyi pernyataan Barca.

Pernyataan itu juga menyoroti keputusan hukuman penjara yang dinilai bukan merupakan solusi tepat. "Dengan cara yang sama bahwa hukuman penjara preventif tidak membantu menyelesaikan konflik, hukuman penjara juga tidak akan diberikan hari ini, karena penjara bukanlah solusi," bunyinya.

"Penyelesaian konflik di Catalonia harus datang secara eksklusif dari dialog politik. Oleh karena itu, sekarang lebih dari sebelumnya, klub meminta semua pemimpin politik untuk memimpin proses dialog dan negosiasi untuk menyelesaikan konflik ini, yang juga harus memungkinkan pembebasan pemimpin sipil dan politik yang dihukum," tambahnya.

TAGS : Petinggi Katalan Hukuman Penjara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :