Senin, 16/12/2019 21:02 WIB

YKPI Ajak Masyarakat Lebih Peduli pada Deteksi Dini

Kegiatan yang YKPI lakukan sebagai wujud dukungan pada para pejuang kanker payudara yang tengah melakukan pengobatan agar terus bersemangat mengalahkan kanker. 

Bulan peduli kanker payudara diperingati di seluruh dunia setiap bulan Oktober (Foto: YKPI)

Jakarta, Jurnas.com - Bulan peduli kanker payudara diperingati di seluruh dunia setiap bulan Oktober. Sebagai organisasi nirlaba, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) memperingatinya dengan pelbagai kegiatan. Salah satunya menggelar Pita Pink Fun Walk di kawasan car free day Sudirman Jakarta hari ini (13/10).

Kegiatan ini dikatakan Ketua sekaligus Pendiri YKPI Linda Agum Gumelar, bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan dukungan akan kesadaran pentingnya deteksi dini kanker payudara, utamakan pengobatan serta perawatan paliatif, sekaligus wujud dukungan kepada para pejuang kanker payudara yang tengah melakukan pengobatan agar terus bersemangat mengalahkan kanker.

“Saya mengajak masyarakat lebih peduli tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara. Jangan menyerah untuk terus memberikan dukungan kepada para penyintas kanker payudara. Mari bersama-sama menyebarkan semangat berjuang kepada teman-teman untuk melawan kanker payudara. Tidak seharusnya para pejuang kanker menghadapi hal ini seorang diri,” kata Linda yang pernah divonis kanker payudara pada 1996.

YKPI akan terus berupaya melakukan program sosialisasi pentingnya deteksi dini hingga pelosok tanah air, melalui SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis), bukan hanya untuk kaum perempuan melainkan juga lelaki.

SADARI tambah mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabinet Indonesia Bersatu itu dapat dilakukan di rumah secara rutin, hanya dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara. Proses ini dilakukan agar semua perubahan yang mengarah pada kondisi yang lebih serius dapat segera ditangani.

“Jika ada yang merasa aneh langsung periksakan ke dokter, jangan menunda pengobatan klinis, jangan menunda stadium lanjut untuk berobat, agar kemungkinan sembuhnya besar,” tambah Linda.

Melalui kegiatan Fun Walk yang diikuti ratusan penyintas kanker payudara ini, diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli terhadap dirinya, keluarganya dan lingkungannya dengan melakukan SADARI.

“Yuk ajak keluarga kita, teman, kerabat dan orang-orang di lingkungan terdekat kita untuk SADARI. Caranya mudah, sudah sering kita sosialisasikan di media sosial YKPI seperti facebook, Instagram atau website. Dan jangan menunda periksa ke dokter jika merasakan kejanggalan seperti ada benjolan di payudara atau merasakan sakit,” ajak Linda lagi.

TAGS : Bulan Kanker Kanker Payudara Deteksi Dini




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :