Kamis, 18/04/2024 11:58 WIB

500 Tentara AS Dikirim ke dekat Perbatasan Rusia

Washington juga direncanakan kembali ke kawasan Baltik, tempat AS pertama kali mengirim tentara setelah aneksasi Rusia atas semenanjung Ukraina Krimea pada 2014.

Ilustrasi tentara AS

Vilnius, Jurnas.com - Amerika Serikat akan mengirim 500 pasukannya ke Lithuania pada Oktober mendatang untuk masa penempatan selama enam bulan.

Washington juga direncanakan kembali ke kawasan Baltik, tempat AS pertama kali mengirim tentara setelah aneksasi Rusia atas semenanjung Ukraina Krimea pada 2014.

Kehadiran militer AS, yang merupakan bagian dari NATO, dimungkinkan untuk meyakinkan sekutu Baltik bahwa Presiden AS Donald Trump tetap berkomitmen untuk sisi timur Eropa, meskipun Pentagon baru-baru ini memotong proyek-proyek pertahanan Eropa.

"Pesannya adalah bahwa pasukan AS dapat tiba kapan saja dan di mana saja mereka mungkin dibutuhkan, dengan pasukan yang mungkin dibutuhkan," kata Menteri Pertahanan Lithuania Raimondas Karoblis dikutip dari Reuters pada Rabu (25/9).

"AS memilih untuk meningkatkan mobilitas pasukan mereka, sebagai lawan memiliki kehadiran permanen," lanjut dia.

Seperti diketahui, AS berinvestasi di Eropa untuk melawan potensi agresi Rusia, dengan mengeluarkan anggaran untuk pelatihan, modernisasi pangkalan militer, dan penyimpanan peralatan militer AS. Trump juga meminta sekutu untuk membelanjakan lebih banyak untuk pertahanan.

Moskow mengatakan tidak berniat menyerang Baltik atau Polandia, dan menuduh NATO mengacaukan Eropa dengan menggerakkan pasukan lebih dekat ke perbatasan Rusia.

Militer sekutu AS termasuk Inggris, Kanada, Prancis dan Jerman telah bergiliran ditempatkan di Polandia, Lithuania, Latvia dan Estonia sejak pencaplokan Krimea oleh Rusia pada Maret 2014.

Pasukan AS yang baru akan membawa 30 tank Abrams, yang menurut menteri pertahanan Lithuania lebih berukuran lebih besar, 25 kendaraan lapis baja Bradley, dan 70 kendaraan lainnya.

Pasukan akan pergi setelah latihan militer pada musim semi 2020, berlatih mempertahankan titik yang disebut Celah Suwalki.

Baik Lithuania dan Polandia memiliki perbatasan di timur laut dengan daerah kantong Rusia Kaliningrad, di mana Moskow telah mengerahkan rudal Iskander berkemampuan nuklir canggih.

KEYWORD :

Militer AS Baltik Lithuania Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :