Sabtu, 27/04/2024 04:16 WIB

Polisi Kawal Aksi Mahasiswa dan Waspadai Penyusup

Banyaknya massa aksi, polisi menghimbau agar mahasiswa waspada adanya provokator dan juga penyusup.

Polisi siaga mengawal aksi mahasiswa di depan Gedung DPR. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Demontrasi mahasiswa terjadi di beberapa tempat di wilayah Indonesia. Polisi mengingatkan, agar kerumunan massa untuk selalu melihat sekitar, karena rawan disusupi oknum yang hendak membuat kekacauan dan mengimbau mahasiswa untuk tidak mudah terprovokasi.

"Yang terjadi di beberapa wilayah diduga dimanfaatkan kelompok tertentu baik di Jakarta, Yogyakarta dan Bandung. Bahwa demo tersebut rawan disusupi pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan kerumunan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Polisi khawatir jika terjadi kekacauan yang disebabkan oleh oknum yang menyusup ke massa dan melakukan provokator kepada massa, dan akan menimbulkan korban.

"Khawatir pada akhirnya akan menimbulkan korban. Dalam pengamanan demo, aparat tidak menggunakan peluru tajam dan akan selalu mengedepankan langkah soft approach," ucap Dedi.

Polisi berharap mahasiswa dapat melaksanakan demo dengan tertib serta mana sampai selesai sesuai peraturan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. "Dalam menyampaikan aspirasi sama-sama menjaga situasi kondusif," tutur dia.

Untuk menghindari provokasi oleh massa yang tidak dikenal,pendemo berhak melapor jika menemukan orang tak dikenal dalam kerumunan melakukan provokasi.

KEYWORD :

Mahasiswa Penyusup Dedi Prasetyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :