Sabtu, 27/04/2024 02:14 WIB

Massa Aksi Desak Agus Rahardjo Cs Angkat Kaki dari KPK

Massa yang menamakan diri Himpunan Aktivis Milenial Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI menggelar aksi di depan Gedung KPK.

Gedung KPK

Jakarta, Jurnas.com - Massa yang menamakan diri Himpunan Aktivis Milenial Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI menggelar aksi di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta.

Mereka menuntut anggota Komisioner KPK periode 2015-2019 yang dipimpin Agus Rahardjo Cs segera mundur karena sudah ada pimpinan baru yang terpilih dalam proses di DPR.

"Mendesak tiga Pimpinan KPK, Agus Rahardjo, Saut Situmorang dan Laode Mohammad Syarif segera hengkang dan angkat kaki dari KPK," kata Koornas HAM Indonesia Asep Irama kepada wartawan, Jumat (20/9).

Asep menyatakan aksi yang mereka lakukan ini juga diikuti teatrikal pengasapan nyamuk atau fogging. Tiga orang berkostum nyamuk, dan dua orang berkostum petugas fogging pun melakukan aksinya.

Mereka yang berkostum nyamuk itu disebutkan sebagai simbol Komisioner KPK periode 2015-2019. Setelah itu, pemeran petugas fogging pun menyemprotkan asap itu ke Gedung KPK sebagai simbol pengusiran.

Namun, kata Asep, aksi damai ini ditanggapi berlebihan oleh pihak keamanan. Ia menyebut anggotanya yang mengikuti aksi sempat dipukul. Asep menegaskan akan kembali menggelar aksi di Gedung KPK pada Senin pekan depan.

"Senin kami akan kembali lagi sampai Agus, Saut dan Laode betul-betul mengundurkan diri dan meninggalkan Gedung KPK," tuturnya.

Selain meminta pimpinan KPK mundur, Asep mengatakan bahwa pihaknya juga mendesak Wadah Pegawai (WP) KPK dibubarkan. Menurutnya, WP KPK telah melakukan politik praktis dan menghimpun kekuatan untuk melawan negara.

"Wadah Pegawai KPK telah berfungsi sebagai `pressure group` terhadap kebijakan pimpinan untuk memaksakan tuntutannya," ujarnya.

KEYWORD :

Pimpinan KPK Revisi UU KPK Aksi Demo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :