Selasa, 15/10/2019 19:07 WIB

Mendikbud Bagi 1.142 Tablet Gratis untuk Siswa Natuna

Penyerahan tersebut dilakukan dalam rangka program digitalisasi sekolah, dengan memanfaatkan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja.

Siswa Natuna mendapatkan tablet gratis dari Mendikbud Muhadjir Effendy (Foto: Muti/Jurnas.com)

Natuna, Jurnas.com - Tak kurang dari 1.142 siswa yang berasal dari jenjang SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mendapatkan komputer tablet gratis, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada Rabu (18/9).

Penyerahan tersebut dilakukan dalam rangka program digitalisasi sekolah, dengan memanfaatkan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Afirmasi dan BOS Kinerja.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, siswa dan guru yang telah mendapatkan tablet, dapat memanfaatkan pemberian tersebut, untuk memaksimalkan pembelajaran berbasis teknologi.

Apalagi dewasa ini, siswa dapat memperoleh sumber ilmu dari manapun di internet, yang menurut dia membutuhkan arahan dari para guru.

"Dengan adanya digitalisasi sekolah ini, semua guru mau berubah. Sekarang bukan lagi era guru sebagai satu-satunya tempat bertanya, tapi mengarahkan ke mana sumber-sumber pengetahun buat siswa. Itu kuncinya," ujar Mendikbud di Natuna, Kepulauan Riau.

Muhadjir mengatakan program digitalisasi sekolah masih memilki jalan panjang ke depan. Saat ini saja, jumlah tablet yang dibagikan bagi siswa kelas VI, VII, dan X, baru sebanyak 36.000 sekolah, atau 1,7 juta siswa se-indonesia.

Karena itu, Sekretaris Jenderal Kemdikbud Didik Suhardi menjanjikan, jumlah tablet yang akan dibagikan tahun depan, akan lebih banyak, guna mempercepat digitalisasi sekolah.

"Tahun depan kita akan perbesar, tidak hanya menggunakan dana BOS, tapi juga dana lain dari APBN, " terang Didik.

Sementara Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal menyampaikan, akses fasilitas umum, terutama di wilayahnya terbilang terbatas.

Karena itu, dia mengatakan tak heran bila Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun lalu hanya mampu dijalankan oleh dua SMP.

"Kami perlu sampaikan, kondisi pendidikan yang hampir sama, dialami khususnya daerah perbatasan yang punya variasi geografis seperti Natuna ini. Akses fasum (fasilitas umum) terbatas. Kami sadar, sebagai bagian dari pembangunan, pemerataan harus diwujudkan," tandas dia.

TAGS : Tablet Gratis Mendikbud Muhadjir Effendy Digitalisasi Sekolah




TERPOPULER :