Minggu, 20/10/2019 02:59 WIB

Borong Medali di Filipina, MAN 2 Mataram ke AS

Dalam kegiatan `The World Scholar`s Cup` di Manila, Filipina yang digelar pada 6-11 September 2019, madrasah tersebut berhasil memborong sejumlah medali emas dan perak.

MAN 2 Mataram meraih medali di Filipina (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menorehkan prestasi membanggakan di level internasional.

Dalam kegiatan `The World Scholar`s Cup` di Manila, Filipina yang digelar pada 6-11 September 2019, madrasah tersebut berhasil memborong sejumlah medali emas dan perak.

Menurut keterangan ofisial MAN 2 Mataram, Fina Karismayanti, sebanyak 13 gelar dipersembahkan oleh tiga siswa-siswi MAN 2 Mataram, yakni Maulana M. Fikri, Caliana Alula, dan Khansa Farinda Khalishah.

Fikri, siswa XII Bahasa, menggondol lima medali sekaligus, yaitu tiga medali emas di bidang `Debate Champions`, `Team Debate`, dan `The Best Top Scholar`, dan dua medali perak di bidang `Writing` dan `Team Writing`.

Sementara Caliana, siswa XII IS Unggulan meraih satu medali emas di bidang `Team Debate`, dan tiga medali perak di bidang `Team Writing`, `History Challenge`, dan `Debate Champions`.

Medali lainnya disumbangkan oleh Khansa, dengan dua medali emas untuk `Writing` dan `Team Debate`, serta dua medali perak untuk `Team Writing` dan `Debate Champions`.

"Tim MAN 2 Mataram juga menjadi Qualifier untuk tahap selanjutnya di Yale, Amerika Serikat pada November mendatang," kata Fina.

Atas prestasi ini, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Umar bersyukur semakin banyka prestasi yang ditorehkan madrasah tingkat internasional dan bergengsi.

Bahkan tidak hanya di bidang sains, riset, dan robotik yang memang selama ini sudah mengharumkan nama bangsa, melainkan juga di bidang debat berbahasa Inggris.

"Kali ini siswa madrasah mengukir prestasi dalam lomba debat berbahasa Inggris. Prestasi siswa NTB ini semakin mengokohkan jati diri madrasah hebat bermartabat," ujar Umar kepada Jurnas.com pada Jumat (13/9).

TAGS : MAN 2 Mataram KSKK Madrasah Ahmad Umar Kemenag




TERPOPULER :

Connect failed: MySQL server has gone away