Jum'at, 25/09/2020 04:43 WIB

Pansel Tegaskan Seleksi 10 Capim KPK Berjalan Ketat

Paniti seleksi (Pansel) menegaskan telah melakukan proses seleksi terhadap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) secara ketat dan profesional.

Pansel Capim KPK saat rapat bersama Komisi III DPR

Jakarta, Jurnas.com - Paniti seleksi (Pansel) menegaskan telah melakukan proses seleksi terhadap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) secara ketat dan profesional.

Ketua Pansel Yenti Ganarsih mengatakan, pemilihan 10 Capim KPK itu akan ditentukan oleh Komisi III DPR. Ia memastikan, 10 nama tersebut adalah yang terbaik bagi pimpinan KPK ke depan.

"Kalau assesment mendalam tidak kita berikan. Tapi pokoknya bagi kita inilah kelayakannya. Nanti terserah DPR kan untuk mengambil 5 dari 10 capim," kata Yenti, di ruang rapat Komisi III DPR, Jakarta, Senin (9/9).

Dia menambahkan, Pansel bertanggungjawab atas semua putusan dalam memilih capim KPK. Menurutnya, Capim dipilih sesuai keputusan bersama Pansel dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang.

"Kami juga banyak proses-proses sudah dilakukan semua juga kita pertimbangkan. Pertimbangan itu kan tidak semua dari yang menyampaikan saja. Ada juga pertimbangan lain, pertimbangan dari kami juga punya kan," tegasnya.

Yenti menegaskan, pihaknya sudah melakukan seleksi capim sesuai prosedur yang ada. Independensi pansel juga tetap terjaga dan melakukan seleksi sesuai dengan amanah yang diberikan kepada Pansel.

"Transparansi juga sudah kan dalam batasan tertentu tapi kalau mendalam kan tidak boleh seperti kesehatan," katanya.

TAGS : Pansel Capim KPK Komisi III DPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :