Rabu, 24/04/2024 06:36 WIB

Agar Membaca jadi Asyik dan Menyenangkan

Ada beberapa tips membaca yang menarik yang bisa kita lakukan bersama dan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang lebih menyenangkan.

Ilustrasi buku (Foto: Kemdikbud)

Jurnas.com - Hari ini Stasiun MRT Bundaran HI terasa berbeda. Stasiun MRT ini dipenuhi para relawan gerakan Kereadta yang berusaha menyebarkan semangat membaca dan menjadikan membaca sebagai gaya hidup.

Kegiatan ini mengajak para relawan untuk membaca di MRT dan memberikan gambaran asyiknya membaca di MRT dengan cara melakukan flash mob membaca.

Setelah acara di MRT selesai, acara dilanjutkan dengan talkshow literasi. Talkshow ini menghadirkan beberapa pembicara Chiki Fauzi, penulis Sophia Mega, penulis Stefani Bella, dan Bapak Muhammad Kamaluddin dari MRT. Mereka mendukung penuh kegiatan ini dan berharap bahwa akan ada kegiatan ini lagi di tahun-tahun berikutnya.

Dari sesi talkshow literasi bersama para pembicara, ada beberapa tips membaca yang menarik yang bisa kita lakukan bersama dan menjadikan membaca sebagai kegiatan yang lebih menyenangkan.

1. Membaca buku-buku dengan tema-tema yang diminati

Kebiasaan ini bisa menjadi jalan awal untuk usaha menyukai membaca. Tema-tema yang disukai bisa jadi awalan untuk menemukan ketertarikan dan kebahagiaan dalam membaca. 

2. Cari teman yang gemar membaca

Menemukan teman-teman yang memiliki kegemaran membaca
Cobalah untuk menemukan teman-teman yang memiliki kegemaran membaca.

Mengikuti kegiatan klub buku atau membaca juga bisa jadi hal yang menyenangkan dan jadi salah satu cara untuk menemukan teman-teman yang suka membaca. Kamu bisa mendiskusikan buku-buku menarik yang bisa dibaca dan mendapatkan referensi buku bacaan dari mereka.

3. Memberi tantangan pada diri sendiri

Memberi tantangan pada diri sendiri untuk membaca lebih banyak buku
Dengan memberi tantangan pada diri sendiri, kamu jadi punya target dalam hal membaca. Kamu juga bisa mengajak teman-teman di sekitarmu dan melakukan tantangan membaca. Dengan cara ini, kamu jadi terpacu untuk membaca lebih banyak buku.

4. Sisihkan waktu membaca

Menyisihkan waktu untuk membaca
Poin ini jadi sangat penting karena kesemua poin di atas tidak akan terwujud jika kamu tidak menyisihkan waktu untuk membaca. Kamu bisa sisihkan beberapa jam dalam sehari untuk membaca dan lakukan itu secara rutin.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat. Ayo lebih semangat untuk membaca dari sekarang! Sampai jumpa di Kereadta tahun depan.

KEYWORD :

Baca Buku Tips Baca




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :