Sabtu, 20/04/2024 02:58 WIB

Struktur Kabinet Tahap Finalisasi, Hasto: Tunggu Sosok Menterinya

Struktur kabinet sudah diputuskan, meskipun penyempurnaan masih dilakukan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat di Aceh

Banda Aceh, Jurnas.com - Struktur kabinet pemerintahan Jokowi-KH Ma`ruf Amin sudah dalam tahap finalisasi.

Hanya saja keputusan finalnya masih tergantung dialog antara Presiden Jokowi dengan para ketua umum parpol, serta momen tepat usai pelantikan presiden-wapres terpilih pada 20 Oktober mendatang.

"Dialog kan sudah dilakukan, struktur kabinet sudah diputuskan, meskipun penyempurnaan masih dilakukan," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjawab pertanyaan wartawan usai membuka pembekalan anggota legislatif dan pengurus DPD/DPC PDI Perjuangan se-Propinsi Aceh, Minggu (8/9/2019).

Kata Hasto, PDI Perjuangan punya mekanisme bahwa finalisasi akan dilakukan antara Jokowi dengan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Termasuk, setelah bicara struktur, selanjutnya pembicaraan akan menyangkut calon-calon menteri yang berasal dari PDI Perjuangan.

Nama-nama calon menteri sendiri belum bisa dibukan karena yang terjadi merupakan proses dialog. Artinya satu pertemuan takkan bisa menyelesaikan masalah struktur dan penempatan nama di kabinet.

Alasannya, jelas Hasto, yang dilakukan itu menyangkut sebuah disain besar demi membawa kemajuan bagi Indonesia Raya. Dan dialog pun akan dilakukan dengan melibatkan ketua umum partai lainnya.

"Kami juga menyadari setiap partai juga memiliki target-target politik di dalam menempatkan jabatan. Di situlah dialog itu dilakukan. Dan Pak Jokowi memiliki hak prerogatif untuk itu," kata Hasto.

Yang jelas, berakhirnya dialog itu akan terjadi ketika akhirnya Presiden Jokowi mengumumkan kabinet. Dan itu terjadi setelah pelantikan pada 20 Oktober mendatang.

"Kami memang mengharapkan pengumuman itu sesuai dengan tata pemerintahan yang baik, dilakukan setelah presiden dan wakil presiden terpilih dilantik oleh MPR," kata Hasto.

Di periode kedua pemerintahan Jokowi, Hasto berharap bisa meningkatkan kerja sama seluruh elemen pemerintahan dan partai politik. Apalagi Presiden Jokowi akan menaruh perhatian utama kepada peningkatan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Maka, PDI Perjuangan sendiri, di dalam konsoliidasi partainya terus bersiap di dalam mendukung kebijakan Jokowi itu. Parpol akan berada di depan memimpin pergerakan rakyat di dalam peningkatan SDM. Tentu saja hal itu membutuhkan koordinasi yang baik dengan pemerintahan.

"Sebagai contoh di Aceh, kantor partai akan dijadikan sebagai pusat pendidikan politik, kaderisasi, kursus politik, dan juga kursus yang berkaitan dengan keterampilan anak-anak muda, agar mereka semakin percaya diri menatap masa depan," tutup Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

KEYWORD :

kabinet Jokowi-KH Ma`ruf Amin Indonesia Raya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :