Rabu, 18/09/2019 14:00 WIB

Kapal Tanker Iran Hilang di Dekat Suriah

Kapal tanker minyak Iran, Adrian Darya 1, tampak menghilang menurut foto satelit Maxar Technologies Inc di Suriah. Maxar merupakan sebuah perusahaan teknologi luar angkasa AS.

Perwira polisi pertahanan Gibraltar menjaga kapal tanker Iran, Grace 1 yang di tahan di lepas pantai Gibraltar, Spanyol selatan. (Foto: Reuters)

Damaskus, Jurnas.com - Kapal tanker minyak Iran, Adrian Darya 1, tampak menghilang menurut foto satelit Maxar Technologies Inc di Suriah. Maxar merupakan sebuah perusahaan teknologi luar angkasa AS.

Dikutip dari Reuters pada Sabtu (7/9), dalam gambar yang disediakan oleh Maxar, kapal tanker Adrian Darya 1 atau Grace 1 sangat dekat dengan Pelabuhan Tartus, Suriah pada 6 September.

Kapal itu disebut telah mematikan transpondernya di Mediterania barat Suriah, pada Selasa lalu. Sedangkan sinyal terakhirnya berada di posisi antara Siprus dan Suriah, di saat kapal berlayar ke arah utara pada 15:53 GMT.

Seperti diketahui, Grace 1 sebelumnya ditahan oleh pasukan komando Angkatan Laut Britania di lepas Gibraltar pada 4 Juli, karena diduga dalam perjalanan ke Suriah dan dianggap melanggar sanksi Uni Eropa.

Dua minggu kemudian, Iran sebagai pembalasan menangkap sebuah kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz yang mengarah ke Teluk.

Gibraltar melepaskan kapal Iran pada 15 Agustus, setelah menerima jaminan tertulis resmi dari Teheran, bahwa kapal tidak akan menurunkan 2,1 juta barel minyak di Suriah.

Namun, dikatakan bahwa kapal itu kemungkinan akan mencoba melakukan transfer antar kapal dengan kapal lain untuk sebagian muatannya, setelah Iran mengatakan penjualan telah selesai.

Washington sebelumnya juga telah memperingatkan negara mana pun agar tidak membantu kapal itu, yang dinilai mendukung Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, organisasi yang dilabeli teroris oleh Amerika Serikat.

TAGS : Kapal Tanker Iran Grace 1 Suriah




TERPOPULER :