Kamis, 21/01/2021 06:27 WIB

Moeldoko Jadi Ketum IKA-UT, Ini Pesan Rektor Universitas Terbuka

Alumni UT yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan tersebut naik menggantikan Linda Agum Gumelar, yang sebelumnya mengisi posisi ketua umum untuk periode 2019-2024.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat (Foto: Sulis)

Jakarta, Jurnas.com – Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT), pada Rabu (4/9) kemarin lewat Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV.

Alumni UT yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan tersebut naik menggantikan Linda Agum Gumelar, yang sebelumnya mengisi posisi ketua umum untuk periode 2019-2024.

Atas pergantian ini, Rektor UT Prof. Ojat Darojat mengucapkan terima kasih kepada Linda Gumelar, yang telah memberikan kontribusinya terhadap IKA-UT selama lima tahun sebelumnya.

Menurut Ojat, kepemimpinan Linda sebagai Ketum IKA-UT memberikan dukungan untuk pendidikan jarak jauh (PJJ), yang selama ini merupakan program andalan UT.

IKA-UT berkembang luar biasa, sangat hebat. Ini memberikan kontribusi luar biasa, tidak hanya IKA-UT tapi juga PJJ di Indonesia. Tentu banyak waktu, biaya, dan pikiran yang dikorbankan bu linda. Kami sangat berterima kasih atas pengorbanannya tersebut,” kata Ojat dalam kegiatan `Malam Ramah Tamah Peserta Munas IKA-UT ke-IV` di Jakarta, pada Rabu malam.

Selanjutnya, kata Ojat, peserta Munas dengan musyawarah mufakat menyepakati Moeldoko sebagai suksesor Linda. Dan dari hasil penunjukkan tersebut, Moeldoko menyatakan bersedia.

“Pak Moeldoko orang penting di negeri ini. Sekarang sebagai Kepala KSP, tugasnya pasti banyak, tapi masih mau menjadi Ketum IKA-UT,” tutur Ojat.

Dengan bergantinya tongkat kepemimpinan IKA-UT ke tangan Moeldoko, Ojat berharap IKA-UT memanfaatkan jumlah alumni UT yang berkisar 1,7 juta, sebagai modal sosial untuk merekatkan NKRI, serta membangun konektivitas antar daerah.

“Mudah-mudahan hadirnya pak moeldoko, IKA-UT lebih berperan strategis di masa yang akan datang,” tandas dia.

Sebelumnya, kepada Ketum IKA-UT periode 2019-2024 terpilih, Linda mengusulkan sejumlah program, salah satunya peningkatan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

Linda juga mengusulkan pengelolaan media sosial sebagai media sosialisasi dan program UT, serta meningkatkan peran IKA-UT dalam kegiatan beasiswa bagi mahasiswa membutuhkan dan berprestasi.

“Sehingga manfaatnya akan semakin dirasakan bagi alumni maupun untuk masyakarat luas, dan tentu berdampak pada semakin  berkibarnya UT,” kata Linda dalam keterangannya kepada redaksi.

TAGS : Jenderal (Purn) Moeldoko IKA-UT Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :