Selasa, 20/04/2021 14:59 WIB

Korban Tewas Badai Dorian Terus Meningkat

Korban tewas akibat Badai Dorian di Bahama telah meningkat menjadi 20 dan ada lebih banyak kematian yang diperkirakan.

Ilustrasi Badai (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri kesehatan Bahama menyebut korban tewas akibat Badai Dorian di Bahama telah meningkat menjadi 20 dan ada lebih banyak kematian yang diperkirakan.

Korban badai topan itu berjuang hidup dengan memanfaatkan bahan bakar generator dan mengantre untuk makanan setelah salah satu badai Karibia paling kuat dalam catatan menghancurkan bagian-bagian Bahama.

Badai yang paling merusak untuk menyerang negara pulau itu, Dorian menewaskan sedikitnya tujuh orang, tetapi ruang lingkup kehancuran dan krisis kemanusiaan masih menjadi fokus ketika video udara Kepulauan Abaco di Bahama utara menunjukkan kehancuran yang luas.

Di Amerika Serikat, Carolina Selatan sedang mempersiapkan diri mengatasi badai dan banjir besar ketika Dorian menghantam pantai pada hari Kamis atau Jumat.

Lusinan orang di Bahama membawa ke Facebook untuk mencari orang-orang yang dicintai yang hilang, dan badan-badan bantuan memperkirakan bahwa puluhan ribu orang dari populasi 400.000 di Bahama akan membutuhkan makanan dan dukungan lainnya.

"Kami berada di tengah-tengah salah satu krisis nasional terbesar dalam sejarah negara kami," Perdana Menteri Bahama Hubert Minnis mengatakan pada konferensi pers dikutip 9News. "Kita bisa berharap lebih banyak kematian dicatat. Ini hanya informasi awal."

LaQuez Williams, pendeta di Katedral Jubilee di Grand Bahama, membuka gereja sebagai tempat bernaung bagi sekitar 150 orang. Ketika badai mulai, Williams mengatakan bahwa dari tempat yang lebih tinggi di gereja ia dapat melihat orang-orang di atap rumah mereka mencari perlindungan.

"Mereka meminta bantuan, tetapi kamu tidak bisa keluar untuk meraih," kata Williams. "Itu sangat sulit karena kamu merasa tidak berdaya."

Setelah mengamuk di Karibia sebagai salah satu badai paling kuat yang pernah dicatat, kecepatan angin Dorian turun pada hari Selasa untuk menjadikannya badai Kategori 2 pada skala intensitas lima langkah Saffir-Simpson. Itu mempertahankan level itu pada hari Rabu, tetapi para peramal memperingatkan itu masih berbahaya ketika mendekati pantai tenggara Amerika Serikat.

National Hurricane Center (NHC) mengeluarkan peringatan gelombang badai yang meliputi seluruh pesisir Georgia, Carolina Selatan, dan Carolina Utara.
"Peringatan Badai Lonjakan berarti ada bahaya genangan yang mengancam jiwa, dari naiknya air yang mengalir ke daratan dari garis pantai, selama 36 jam berikutnya," kata pusat topan itu.

Para pejabat Carolina Selatan mengatakan mereka memperkirakan badai akan naik dari 1,2 meter menjadi 2,5 meter dan hembusan angin 140 km / jam pada hari Kamis, dan mengatakan kepada orang-orang untuk mengevakuasi pantai ketika Dorian semakin dekat.

TAGS : Badai Dorian Korban Tewas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :