Minggu, 20/10/2019 02:34 WIB

Pilot Amatir Alami Kejadian Sial di Penerbangan Perdananya

Dia terpaksa melakukan pendaratan darurat, setelah instrukturnya pingsan di tengah penerbangan.

Foto ilustrasi pesawat Cessna

Sydney, Jurnas.com - Seorang pria Australia yang melakukan penerbangan perdananya, mengalami kejadian sial. Dia terpaksa melakukan pendaratan darurat, setelah instrukturnya pingsan di tengah penerbangan.

Dikutip dari CNA pada Senin (2/9), istri dan tiga anak Max Sylvester menjadi saksi hidup, bagaimana menara pengontrol lalu lintas udara membujuknya agar mendaratkan dua roda Cessna di bandara Jandakot, Perth, pada akhir pekan lalu.

Pria 30 tahun itu sempat mengeluarkan panggilan mayday dari ketinggian 1.900 meter, tak lama pasca instrukturnya tiba-tiba pingsan dan tidak bisa dibangunkan.

"Apakah Anda tahu cara mengoperasikan pesawat," tanya pengawas lalu lintas udara di Perth menurut rekaman komunikasi keduanya.

"Ini pelajaran pertama saya," jawab Sylvester. Dia menambahkan belum pernah mendaratkan pesawat sebelumnya.

Menyadari besarnya tugas yang dihadapi, menara menjawab, "Hal pertama yang akan kita lakukan adalah memastikan bahwa sayapnya tetap rata."

Dia diperintahkan untuk menjaga ketinggian dan membuat lintasan di atas landasan, untuk mendapatkan rasa medan dan menjadi lebih nyaman.

"Kau melakukan pekerjaan yang sangat hebat. Aku tahu ini sangat menegangkan. Tapi kamu akan melakukan pekerjaan luar biasa dan kami akan membantu kamu turun ke tanah, oke?"

Kira-kira dua puluh menit kemudian, pesawat itu tiba-tiba mendarat dengan sangat keras.

"Kamu melakukannya, kawan!" seru pengontrol lalu lintas udara. "Bagus sekali. Itu luar biasa!"

Instruktur dibawa ke rumah sakit dalam kondisi stabil, dan Sylvester menerima sertifikat penerbangan solo pertamanya dari Air Australia International.

"Ini bisa jadi sangat buruk. Tapi semuanya berjalan dengan baik, dan itu berhasil, sebagian besar karena kerjasama menara," kata pemilik Air Australia International, Chuck McElwee, menurut penyiar publik ABC.

TAGS : Pilot Sial Australia Instruktur Pingsan Pendaratan Darurat




TERPOPULER :