Sabtu, 20/04/2024 23:12 WIB

Iran Rilis Drone Pelacak dengan Teknologi Canggih

Iran membuat terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan perangkat keras militer meskipun menghadapi sanksi dan tekanan ekonomi Barat.

Drone Kian diluncurkan saat upacara pada 1 September 2019. (Foto: IRNA)

Teheran, Jurnas.com - Iran meluncurkan drone dalam dua versi yang berbeda, yaitu untuk pelacakan cepat dan identifikasi dan serangan presisi pada target yang jauh.

Pesawat tak berawak yang dijuluki Kian, diresmikan di hadapan Komandan Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran Brigadir Jenderal Alireza Sabahi-Fardand dan komandan senior lainnya pada Minggu (1/9).

Berbicara pada upacara pembukaan, Sabahi-Fard mengatakan, Kiandirancang dalam dua jenis: satu dengan kemampuan kecepatan tinggi untuk tujuan pelacakan dan identifikasi dan yang lainnya didesain untuk penerbangan jarak jauh guna melakukan operasi serangan presisi.

Dilansir dari Presstv, Sabahi-Fard mengatakan, drone itu dirancang, diproduksi, dan diuji  para ahli di unit drone dari Angkatan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran.

Kian, kata Sabahi-Fard, mampu mengenai sasaran jauh dari perbatasan Iran dan terlibat dalam pertahanan di wilayah yang rawan konflik.

Iran membuat terobosan besar di sektor pertahanannya dan mencapai swasembada dalam memproduksi peralatan dan perangkat keras militer meskipun menghadapi sanksi dan tekanan ekonomi Barat.

Republik Islam mengatakan kekuatan militernya semata-mata untuk tujuan pertahanan dan tidak menimbulkan ancaman bagi negara lain.

Pada 20 Juni, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran menembak jatuh Global Hawk RQ-4 buatan Amerika Serikat (AS) di perairan teritorial di lepas pantai provinsi Hormozgan.

Pesawat AS tak berawak itu dijatuhkan oleh sistem pertahanan udara Khordad 3 asli Iran setelah menyelinap ke wilayah udara negara itu dengan tujuan memata-matai.

KEYWORD :

Pesawat Tak Terawak Iran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :