Sabtu, 24/10/2020 18:35 WIB

Soal Capim KPK, Ketua DPR: Kita Harus Menahan Diri

DPR meminta seluruh elemen masyarakat untuk dapat menahan diri terkait proses penjaringan yang dilakukan panitia seleksi (Pansel) terhadap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta, Jurnas.com - DPR meminta seluruh elemen masyarakat untuk dapat menahan diri terkait proses penjaringan yang dilakukan panitia seleksi (Pansel) terhadap calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengatakan, hingga saat ini proses seleksi masih berada di ranah Pansel. Sehingga, semua pihak diminta bersabar hingga nanti Pansel menyerahkan 10 kandidat Capim KPK ke DPR.

"Ini masih domainnya di Pansel, kita harus bisa menahan diri termasuk kita di DPR, kalau bolanya sudah di DPR baru kita bisa memainkan bola itu, sekarang bolanya masih di Pansel bagaimana kita menendang bola itu," kata Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet hanya berharap, Pansel dapat menghasilkan 10 kandidat terbaik yang nantinya dikirim kepada DPR.

"Tentu harapan kami di DPR, Pansel bisa mengirim orang-orang terbaik diantara yang ada untuk kita pilih lima dari 10 orang yang nanti dikirim," kata Bamsoet.

Diketahui, 20 orang Capim KPK yang lolos adalah terbanyak dari institusi Polri. Sebanyak empat perwira tinggi Polri yang maju ke tahapan tes wawancara dan uji publik. Mereka Wakil Kepala Bareskrim Irjen Antam Novambar, Dosen Sespim Polri Brigjen Bambang Sri Herwanto, Wakapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri, dan Wakapolda Kalimantan Barat Brigjen Sri Handayani.

Urutan kedua diduduki wakil dari jaksa aktif ataupun pensiunan sebanyak tiga orang. Sebaliknya, internal KPK hanya menyisakan dua orang, dengan satu petahana komisioner saat ini Alexander Marwata. Lainnya berlatar belakang dosen, PNS, auditor hingga mantan Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

TAGS : Pansel Capim KPK Komisi III DPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :